Cegah Corona, Pemerintah Perpanjang Pembatasan Sementara Visa dan Izin Tinggal WNA China

Kompas.com - 04/03/2020, 16:07 WIB
Izin tinggal bagi WNA di Indonesia. Ilustrasi. Foto: ShutterstockIzin tinggal bagi WNA di Indonesia.

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia memperpanjang pembatasan perjalanan sementara bagi warga negara asing dari China untuk masuk ke wilayah Indonesia.

Perpanjangan pembatasan ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal dalam Upaya Pencegahan Masuknya Virus Corona.

Informasi ini juga telah disampaikan melalui akun media sosial Twitter resmi Ditjen Imigrasi, @ditjen_imigrasi

Baca juga: Masih Negatif Covid-19, Korea Utara Minta Bantuan Tes Virus Corona ke Rusia

Berlakunya Permenhumkam Nomor 7 Tahun 2020 tersebut mencabut Permenhumkam Nomor 3 Tahun 2020 tentang penghentian sementara bebas visa kunjungan, visa kunjungan saat kedatangan, dan pemberian izin tinggal keadaan terpaksa bagi warga negara China.

Adapun isi dari Permenhumkam Nomor 7 Tahun 2020 terdiri atas 10 pasal. 

Melansir unggahan dari Ditjen Imigrasi, berikut adalah sejumlah pasal yang penting untuk digarisbawahi terkait substansi dari Permenhumkan Nomor 7 Tahun 2020 tersebut:

Baca juga: Tangani Corona, Ini Langkah Indonesia dan Negara-negara Lain di Dunia

Pasal 2

"Pemberian bebas Visa kunjungan dan Visa kunjungan saat kedatangan dihentikan sementara bagi Orang Asing yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi wilayah Republik Rakyat Tiongkok dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari sebelum masuk wilayah Negara Republik Indonesia."

Pasal 3

(1) Visa kunjungan dan Visa tinggal terbatas dapat diberikan kepada setiap Orang Asing yang mengajukan permohonan Visa kepada Pejabat Dinas Luar Negeri di Perwakilan Republik Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X