Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacamata Berembun saat Memakai Masker? Coba Cara Ini...

Kompas.com - 03/03/2020, 20:00 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lensa kaca mata berembun saat menggunakan masker. Mereka yang sehari-hari mengenakan kacamata untuk memperjelas penglihatannya pasti tau persis bagaimana rasanya menghadapi situasi ini.

Di satu sisi, mereka perlu mengenakan masker untuk berbagai alasan, misalnya menghindari debu, asap rokok, atau sedang sakit, dan sebagainya.

Namun, di sisi lain penggunaan masker itu akan membuat kedua lensa kacamata yang dikenakan menjadi berembun karena proses pernafasan. Sehingga penggunanya tidak dapat melihat dengan jelas.

Kondisi ini bisa sering terjadi di tengah kekhawatiran persebaran virus corona yang saat ini sudah menjangkau lebih dari 70 negara dunia.

Meski tidak direkomendasikan, tetap saja banyak orang yang mengenakan masker untuk menutupi hidung juga mulutnya alih-alih untuk berlindung dari infeksi virus yang ada.

Baca juga: Kasus Virus Corona Meningkat di Luar China, WHO: Bisa Diatasi dengan Tindakan Tepat

Lalu, bagaimana caranya agar kacamata tidak buram saat mengenakan masker?

Tokyo Metropolitan Police Department memberikan tips untuk membantu para pengguna kacamata bisa mengenakan masker dengan nyaman tanpa timbulnya embun yang mengganggu pandangan.

Tips untuk pengguna kacamata saat mengenakan masker agar tidak mengembunwww.keishicho.metro.tokyo.jp Tips untuk pengguna kacamata saat mengenakan masker agar tidak mengembun

Ada dua cara yang daapt digunakan, pertama adalah melipat bagian atas masker ke arah dalam sebelum mengenakannya. Cara ini otomatis akan memperkecil lebar masker yang Anda miliki.

Jika tetap ingin memiliki masker dengan ukuran aslinya, maka cara kedua ini bisa Anda terapkan.

Caranya adalah dengan meletakkan selembar tisu yang sudah dilipat sehingga menjadi agak tebal, di masker bagian dalam atas, sehingga tisu itu ada di antara tulang hidung dan masker yang Anda pakai.

Baca juga: Dua WNI Positif Corona, Pemerintah Diminta Proaktif Melakukan Pemeriksaan

Tips ini dikeluarkan pada akhir Desember 2018, saat itu banyak masyarakat Tokyo yang tengah terserang flu dan musim dingin.

Namun, melihat kondisi sekarang, semakin banyak orang mengenakan masker tidak hanya untuk satu atau dua tujuan saja.

Sementara tips di atas dapat digunakan untuk membantu para pengguna kacamata yang ingin mengenakan masker dengan nyaman.

Apalagi di tengah wabah virus corona yang semakin meluas dalam dua bulan terakhir.

Atau ada pula cara lain yang direkomendasikan oleh sebuah artikel jurnal berjudul A simple method to prevent spectacle lenses misting up on wearing a face mask dari Annals The Royal Colleges of Surgeon of England.

Jadi, sebelum mengenakan masker wajah cucilah kaca mata dengan sabun cair. Setelah itu biarkan kacamata itu mengering, bisa dilap dengan lembut menggunakan tisu.

Setelah itu pakailah masker dan kacamata seperti biasanya. Trik ini bisa membuat lensa kacamata Anda tidak lagi mengembun.

Seperti tutorial dalam video berikut:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com