Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update CPNS 3 Maret 2020, Ini Rincian Kelulusan Passing Grade Tiap Formasi

Kompas.com - 03/03/2020, 19:30 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) yang menjadi salah satu tahapan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih berlangsung hingga sekarang.

Sejauh ini, hampir 3 juta peserta telah mengikuti ujian berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara ( BKN).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono mengatakan, per Selasa (3/3/2020) pukul 15.33 WIB, peserta yang sudah login mengikuti ujian SKB sebanyak 2.979.906.

Sementara untuk skor tertinggi SKD masih diangka 489 atas nama Aten Risdiana yang mengikuti ujian di Universitas Bengkulu. 

"Iya, masih sama," kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/3/2020) sore.

Baca juga: INFOGRAFIK: Hal-hal yang Perlu Diketahui soal SKB CPNS 2019

Sebagai tambahan informasi, pemerintah membuka dua formasi dalam rekrutmen CPNS tahun ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus seperti lulusan terbaik, penyandang disabilitas, diaspora, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, dan tenaga pengaman siber.

Adapun masing-masing formasi tersebut mempunyai nilai ambang batas atau passing grade yang berbeda untuk ketiga sub-tes (TKP, TWK, dan TIU) yang diujikan.

Semuanya diatur melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 24 Tahun 2019.

Baca juga: Update CPNS 2 Maret 2020, Ini Rincian Kelulusan Passing Grade Tiap Formasi

Kelulusan passing grade

Sementara, rincian persentase banyaknya peserta yang melampaui nilai ambang batas juga telah disampaikan melalui akun resmi Twitter BKN @BKNgoid.

1. Formasi umum

Pelamar formasi umum tercatat sebanyak 3.339.908 peserta. Sementara ini, persentase kelulusan passing grade formasi ini sebesar 44,11 persen.

2. Formasi lulusan terbaik

Pendaftar CPNS dari formasi lulusan terbaik atau cumlaude sebanyak 17.489. Sebanyak 91,81 persen dari total pelamar dinyatakan melampaui nilai ambang batas. 

3. Formasi penyandang disabilitas

Sebanyak 1.307 pelamar CPNS mendaftar formasi penyandang disabilitas. Dari total tersebut, persentase kelulusan nilai ambang batas sebesar 66,44 persen.

Baca juga: Seluk Beluk dan Hal-hal yang Perlu Diketahui soal SKB CPNS

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com