Saat Media-media Asing Beritakan Letusan Gunung Merapi Hari Ini...

Kompas.com - 03/03/2020, 15:35 WIB
Letusan Merapi, Selasa (3/3/2020) tarik perhatian sejumlah media internasional, salah satunya The Guardian. The GuardianLetusan Merapi, Selasa (3/3/2020) tarik perhatian sejumlah media internasional, salah satunya The Guardian.

KOMPAS.com - Letusan Gunung Merapi yang terjadi pada Selasa (3/3/2020) pagi tadi rupanya tidak hanya menyita perhatian masyarakat dan media di Indonesia.

Erupsi salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia itu juga menarik perhatian media internasional untuk turut memberitakannya.

Sebut saja media Inggris The Guardian dan media berbahasa Inggris berbasis di Singapura The Straits Time.

The Guardian, mengangkat berita ini dengan judul "Gunung Berapi Teraktif di Indonesia Muntahkan Abu Setinggi 6.000 Meter ke Udara".

Guardian menulis, abu Merapi jatuh dan menghujani daerah-daerah di sekitaranya serta memaksa salah satu bandara untuk menutup operasionalnya.

Tak hanya abu, ada juga pasir vulkanik yang dimuntahkan sehingga terjadilah hujan pasir di radius 10 kilometer dari kawah.

Seorang warga Boyolali yang diwawancara mengaku mendengar suara gemuruh sekitar 5 menit hingga terlihat gumpalan abu.

Warga hingga saat ini masih diimbau untuk tidak masuk ke radius 3 kilometer dari puncak untuk menghindari ancaman gas panas, atau material vulkanik lain yang mungkin saja muncul.

Baca juga: Merapi Meletus: Bandara Adi Sumarmo Ditutup Sementara, Adi Sutjipto dan YIA Aman

Indonesia disebutkan merupakan negara yang ada di atas Cincin Api dan memiliki 130 gunung berapi aktif di antara 17.000 gunung yang ada.

Letusan besar Merapi yang terakhir terjadi pada 2010 dengan memakan korban jiwa sebanyak 300 orang. Sedangkan 280 ribu masyarakat harus dievakuasi ke pengungsian yang lebih aman.

Pemberitaan soal meletusnya Merapi, Selasa (3/3/2020) dimuat dalam media The Straits Times, SingapuraThe Straits Times Pemberitaan soal meletusnya Merapi, Selasa (3/3/2020) dimuat dalam media The Straits Times, Singapura

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X