Merapi Meletus: Bandara Adi Sumarmo Ditutup Sementara, Adi Sutjipto dan YIA Aman

Kompas.com - 03/03/2020, 14:15 WIB
Erupsi Merapi Bandara Adisutjipto dan Adi Sumarmo Magma IndonesiaErupsi Merapi Bandara Adisutjipto dan Adi Sumarmo

KOMPAS.com - Erupsi Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020) pukul 05.22 WIB sempat berdampak pada jadwal penerbangan di dua bandara.

Sejumlah penerbangan dengan tujuan atau pemberangkatan dari Adi Sumarmo sempat ditunda akibat adanya penutupan sementara Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Jawa Tengah.

Bandara diputuskan untuk ditutup sejak pukul 09.10-11.30 WIB, karena abu erupsi Merapi terbawa angin ke arah utara dan mengganggu jarak pandang, sehingga membahayakan penerbangan jika tetap dilakukan.

Informasi penutupan ini disampaikan melalui keterangan resmi (notice to airman/NOTAM) nomor B0614/20.

Akibat penutupan ini, sejumlah jadwal penerbangan harus mengalami penyesuaian atau penundaan.

Salah satu yang menginformasikan adanya penundaan adalah maskapai Lion Air. Hal itu sebagaimana disampaikan Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan resmi Selasa (3/3/2020) pagi.

Setidaknya 2 penerbangan Lion Air rute Solo-Jakarta dan Solo-Jeddah juga 1 penerbangan Wings Air rute Bandung-Solo, ditunda.

Dikutip dari artikel Kompas.com sebelumnya, Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi menyatakan akan melakukan evaluasi apakah penutupan akan diperpanjang atau tidak.

"Nanti akan dievaluasi setelah itu kira-kira masih hujan abu atau tidak," ujarnya.

Baca juga: Penutupan Sementara Bandara Adi Soemarmo, Lion Air Tujuan Jakarta Batal Terbang

Sementara itu, dua bandar udara yang ada di DIY, Bandar Udara Adi Sutjipto dan New Yogyakarta International Airport (NYIA) sejauh ini dilaporkan aman dari abu dan tetap beroperasi sebagaimana mestinya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X