Soal 2 WNI Terinfeksi Virus Corona, WHO: Kami Dapat Mengantisipasi

Kompas.com - 03/03/2020, 12:55 WIB
Ilustrasi Bendera WHO SHUTTERSTOCK.com/AKADESIGNIlustrasi Bendera WHO

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia telah mengonfirmasi adanya dua WNI yang terjangkit virus corona pada Senin (2/3/2020).

Pengumuman tersebut menjadikan kasus pertama penyakit Covid-19 yang dilaporkan di Indonesia.

Menurut keterangan dari Presiden RI Joko Widodo, dua WNI tersebut sempat menjalin kontak dengan warga negara Jepang yang belakangan diketahui positif virus corona di Malaysia.

Saat ini, kedua pasien tersebut telah ditempatkan di bawah isolasi dan menerima perawatan medis di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Menanggapi adanya informasi tersebut, perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) untuk Indonesia, Dr. N. Paranietharan mengungkapkan, pihaknya dapat mengantisipasi lebih banyak kasus virus corona dalam beberapa hari mendatang.

"Kami tidak terkejut dengan pengumuman ini dan kami dapat mengantisipasi lebih banyak kasus dalam beberapa hari mendatang. Deteksi dini kasus dan konfirmasi laboratorium sangat penting," ujar Paraniethan dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com pada Senin (2/3/2020).

Ia juga mengungkapkan, pihaknya telah bekerja sama dengan pemerintah untuk mempersiapkan skenario tersebut.

"Karena ini (virus corona) adalah kenyataan, penting bagi kami untuk memastikan bahwa kegiatan yang direncanakan selama kesiapsiagaan dilaksanakan dengan cepat," lanjut dia.

Baca juga: Update: 7 Pasien Virus Corona di AS Sembuh, 6 Meninggal Dunia

Terkait kasus baru ini, WHO Indonesia kembali mengumumkan imbauan mereka kepada publik untuk tetap tenang dan menjaga kebersihan diri.

Mereka juga memberikan rekomendasi standar yang dapat dipraktikkan setiap orang untuk mengurangi risiko penularan penyakit Covid-19, antara lain:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X