Kasus Positif Corona dengan Riwayat Kunjungan ke Indonesia

Kompas.com - 02/03/2020, 12:43 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Virus corona baru Covid-19 yang muncul sejak akhir Desember 2019 di Wuhan, China, kini telah merebak ke lebih dari 65 negara di berbagai wilayah dunia.

Pada hari ini, Senin (2/3/2020), Presiden Joko Widodo mengumumkan dua kasus warga negara Indonesia positif terinfeksi virus corona.

Diketahui, dua WNI ini memiliki riwayat kontak dengan warga negara Jepang yang baru berkunjung ke rumahnya di Depok, Jawa Barat.

Terbaru, dari Singapura, dua kasus baru yang dinyatakan positif virus corona memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia, tepatnya di Batam.

Berikut catatan kasus positif terinfeksi virus corona yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia:

1. Dua orang WN Jepang di Malaysia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seorang pria warga negara Jepang berusia sekitar 60 tahun yang terinfeksi virus corona diketahui baru saja melakukan perjalanan ke Bali, Indonesia, pada 15-19 Februari 2019.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto mengatakan, yang bersangkutan sudah memiliki keluhan kesehatan sejak sebelum pergi ke Indonesia.

Yurianto juga menyebutkan, berdasarkan hasil komunikasi yang dilakukan dengan otoritas kesehatan Jepang, pria tersebut diketahui bukan menderita Covid-19, melainkan SARS CoV-2.

"Ternyata setelah diperiksa yang bersangkutan tertular virus corona tipe II (SARS CoV-2). Data ini berdasarkan komunikasi dengan otoritas kesehatan Jepang. Kami hari demi hari kan komunikasi terus ya," kata Yuri, 24 Februari 2020.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.