Saat Pabrik Samsung, LG, Hyundai, Dkk Lumpuh Diserang Virus Corona

Kompas.com - 01/03/2020, 19:30 WIB
Seorang wanita yang mengenakan masker pelindung bekerja di pabrik Galanz di Foshan, Cina, 18 Februari 2020. Sementara Airbus, General Motors, Toyota, Foxconn dan banyak lainnya mulai berproduksi mengikuti aturan baru yang dikeluarkan oleh otoritas lokal. EPA-EFE/ALEX PLAVEVSKI ALEX PLAVEVSKISeorang wanita yang mengenakan masker pelindung bekerja di pabrik Galanz di Foshan, Cina, 18 Februari 2020. Sementara Airbus, General Motors, Toyota, Foxconn dan banyak lainnya mulai berproduksi mengikuti aturan baru yang dikeluarkan oleh otoritas lokal. EPA-EFE/ALEX PLAVEVSKI

KOMPAS.com - Tiga perusahaan multinasional ternama dunia ikut terkena imbas merebaknya virus corona di Korea Selatan.

Ketiganya adalah Samsung, LG, dan Hyundai yang masing-masing mengonfirmasi adanya kasus virus corona di lingkungan pabrik mereka.

Dilansir dari The Korea Herald, Samsung mengkonfirmasi kasus ketiga di pabriknya yang melibatkan seorang pekerja di Gumi, Provinsi Gyeongsang Utara pada Minggu (1/3/2020).

Pabrik Samsung di Gumi merupakan tempat produksi Galaxy Z Flip dan Galaxy Fold.

Akibatnya, pabrik tersebut ditutup sementara waktu dan rencananya akan berfungsi kembali satu pekan ke depan.

Kasus pertama virus corona di pabrik Samsung pertama kali ditemukan pada 22 Februari 2020 yang kemudian berujung pada penutupan pabrik itu selama tiga hari.

Enam hari kemudian, kasus baru dilaporkan pada pabrik lainnya dan melibatkan seorang karyawan dari divisi bisnis jaringan perusahaan di pabrik Samsung di Gumi.

Baca juga: Qatar Terinfeksi, Berikut Perkembangan Terkini Virus Corona di 13 Negara Timur Tengah

LG

Tak hanya Samsung, perusahaan elektronik lainnya, LG, juga menutup pabriknya selama tiga hari sejak Sabtu (29/2/2020) setelah seorang karyawan bank di pabrik LG di Gumi terinfeksi virus corona.

Pabrik LG di Gumi merupakan tempat perakitan bagi tampilan kristal cair kecil dan menengah serta panel komponen dioda pemancar cahaya organik.

Gumi sendiri merupakan rumah bagi sejumlah perusahaan terkemuka di Korea, termasuk Samsung dan LG yang lokasinya berdekatan dengan Daegu.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X