Hari Ini dalam Sejarah: Lahirnya Legenda Bulu Tangkis Liem Swie King, Bagaimana Perjalanan Kariernya?

Kompas.com - 28/02/2020, 08:08 WIB
Liem Swie King dan piala kemenangannya sebagai juara tunggal putra All England di London pada Maret 1978. KOMPAS/VALENS DOYLiem Swie King dan piala kemenangannya sebagai juara tunggal putra All England di London pada Maret 1978.

KOMPAS.com - Hari ini 63 tahun yang lalu, salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, Liem Swie King dilahirkan pada 28 Februari 1956.

Terlahir di keluarga yang menggemari bulu tangkis, King telah akrab dengan raket sejak usia belia.

Harian Kompas, 15 Agustus 1973 memberitakan, dari tujuh bersaudara, King merupakan satu-satunya anak lelaki di keluarganya.

Meski demikian, dua kakak King, Megah Inawati dan Idawati adalah atlet bulu tangkis Indonesia. Sehingga banyak berperan dalam perkembangan King.

Sejak mengenal bulu tangkis, ayah King merupakan pelatih pertamanya.

Dilanjutkan dengan kakak iparnya, Agus Susanto ketika permainan King mulai menanjak.

Pada 1969, ia bergabung dengan Persatuan Bulu Tangkis (PB) Djarum Kudus, klub yang melambungkan namanya.

Baca juga: Mengenang Legenda Bulu Tangkis Indonesia Johan Wahyudi...

Pasangan ganda putra Indonesia Liem Swie King/Eddy Hartono, mengalahkan Razif Sidek/Jailani Sidek pada Kejuaraan Bulu Tangkis Indonesia Terbuka di Istora Senayan, Sabtu (25 Juli 1987).KOMPAS/JB SURATNO Pasangan ganda putra Indonesia Liem Swie King/Eddy Hartono, mengalahkan Razif Sidek/Jailani Sidek pada Kejuaraan Bulu Tangkis Indonesia Terbuka di Istora Senayan, Sabtu (25 Juli 1987).

Debut pertama

Debut King dimulai pada usia 16 tahun, kala ia terjun ke gelangang pertandingan bulu tangkis tingkat junior di Magelang pada 1972 dan sukses merebut gelar juara.

Di tahun yang sama, King juga berhasil memenangi Kejuaran POPSI untuk nomor tungga putra dan ganda putra bersama Kartono.

Prestasi serupa juga sukses direbutnya dalam ajang Munadi Cup. Dengan kesuksesan itu, nama King pun mulai banyak diperhitungkan dalam dunia bulu tangkis Jawa Tengah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X