Benarkah Virus Corona Bertahan hingga 9 Hari di Benda Mati? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 26/02/2020, 19:45 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Semakin besarnya jumlah kasus virus corona COVID-19 di dunia menciptakan berbagai pertanyaan. Salah satunya adalah berapa lama virus ini dapat bertahan di permukaan sebuah benda mati. 

Perhatian terhadap kondisi inilah yang kemudian melatarbelakangi upaya bank China untuk melakukan pembersihan pada uang-uang tunai menggunakan disinfektan. Pasalnya, perpindahan uang tunai dari tangan ke tangan dilakukan berkali-kali setiap harinya.

Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran virus lebih banyak.

Sementara itu, belum diketahui secara pasti berapa lama virus corona COVID-19 dapat bertahan di atas permukaan atau objek yang terkontaminasi dan berpotensi menginfeksi manusia.

Namun, beberapa peneliti menemukan petunjuk dengan mempelajari ciri-ciri pada virus corona jenis lain.

Baca juga: Gara-gara VIrus Corona, Rilis iPhone 12 Bakal Tertunda?

Lama bertahan virus

Melansir CNN, virus corona merupakan sebuah kelompok besar virus yang umum ada di antara para hewan. Dalam kasus yang jarang, virus ini disebut oleh para ilmuwan sebagai zoonosis, yaitu ketika virus dapat ditransmisikan dari hewan ke manusia. 

Pihak berwenang belum mengetahui secara pasti, hewan apa yang menyebabkan wabah dari jenis virus corona terbaru di Wuhan, China. 

Sebelumnya, virus corona seperti SARS dan MERS, telah ditemukan pada permukaan benda mati seperti logam, kaca, atau plastik, paling lama 9 hari, jika permukaan benda tersebut tidak segera diberi disinfektan.

Keterangan tersebut diperoleh sebagai hasil penelitian yang dipublikasikan awal bulan ini oleh The Journal of Hospital Infection.

Menurut penelitian, membersihkan barang-barang rumah tangga seperti biasa juga dapat menghasilkan perbedaan. 

Baca juga: Potensi Wisata Pulau Sebaru, Tempat Observasi WNI Terdampak Virus Corona

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X