Wabah Virus Corona: Brasil Konfirmasi Kasus Pertama, Ini Sumbernya...

Kompas.com - 26/02/2020, 18:45 WIB
Seorang pria yang mengenakan masker melakukan perjalanan di metro Milan, Italia, 25 Februari. Virus corona saat ini menyebar hingga ke Brasil. 2020EPA-EFE/MATTEO CORNER MATTEO CORNERSeorang pria yang mengenakan masker melakukan perjalanan di metro Milan, Italia, 25 Februari. Virus corona saat ini menyebar hingga ke Brasil. 2020EPA-EFE/MATTEO CORNER

KOMPAS.com - Brasil mengkonfirmasi kasus pertama virus corona di negara tersebut pada Rabu (26/2/2020).

Dengan temuan positif tersebut, menjadikan Brasil negara pertama di Amerika Selatan dengan temuan kasus virus corona.

Dikutip dari media Brasil Globo, kasus virus corona pertama tersebut menginfeksi pria berusia 61 tahun yang tinggal di ibu kota Sao Paolo dan baru saja kembali dari Italia.

Pasien itu dilaporkan berada di wilayah Lombardy, Italia pada 9 hingga 21 Februari 2020. Pasien itu mengeluhkan gejala demam, batuk kering, sakit tenggorokan, dan pilek. 

Tes pertama pasien tersebut di Rumah Sakit Albert Einstein hasilnya positif. Namun pasien tersebut masih akan menjalani tes kedua di Institut Adolfo Lutz.

Menurut pihak Rumah Sakit Albert Einstein, pasien itu datang pada Senin (24/2/2020) dan kemudian dilaporkan pada Selasa (25/2/2020).

"Pasien dalam kondisi klinis yang baik dan tidak perlu dirawat di rumah sakit, tetapi dalam isolasi pernapasan selama 14 hari ke depan," kata pihak rumah sakit seperti dilansir dari Folha de Sao Paulo.

Baca juga: Kasus Virus Corona Spanyol: Ditemukan di Madrid dan Barcelona

Mengenai kasus virus corona pertama, Menteri Kesehatan Brasil Luiz Henrique Mandetta menghindari nada kekhawatiran dalam menghadapi kasus tes positif pertama virus corona di Brasil tersebut.

"Kami akan bersiap dengan cara terbaik. Kita tidak tahu apakah di sini virusnya dapat menyebar atau melambat. Karena virus berperilaku berbeda di belahan bumi utara dan selatan," kata Mandetta.

Brasil menurutnya memiliki iklim yang tropis dan sedang memasuki musim panas.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X