Begini Media-media Asing Beritakan Banjir Jakarta Hari Ini

Kompas.com - 25/02/2020, 14:30 WIB
Banjir melanda pemukiman penduduk di kawasan Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jabodetabek pada Senin (24/2/2020) malam hingga Selasa (25/2/2020) pagi membuat sejumlah wilayah kebanjiran. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOBanjir melanda pemukiman penduduk di kawasan Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jabodetabek pada Senin (24/2/2020) malam hingga Selasa (25/2/2020) pagi membuat sejumlah wilayah kebanjiran.

KOMPAS.com - Banjir Jakarta yang terjadi Selasa (25/2/2020) juga menjadi pemberitaan di luar negeri. Beberapa media internasional melaporkan kondisi banjir di Ibu Kota.

"Jakarta dilumpuhkan oleh banjir besar, memengaruhi ribuan rumah dan bisnis". Menjadi judul berita South China Morning Post, Selasa (25/2/2020).

SCMP menyoroti masalah infrastruktur di Jakarta, kota dengan 10 juta penduduk itu tenggelam karena ekstraksi air tanah.

Selain itu, media yang berbasis di Hong Kong itu juga mengingatkan banjir yang melanda Jakarta awal bulan lalu menewaskan 60 orang dan membuat ratusan ribu lainnya terlantar serta menutup bandara.

Sementara Bloomberg menyebutkan, sebagian ibu kota Indonesia dan sekitarnya dilanda banjir setelah dua siklon tropis di lepas pantai Indonesia memicu hujan lebat sejak Senin malam.

Hujan deras yang menghantam Jakarta disebut Bloomberg dipengaruhi siklon tropis Esther di Teluk Carpentaria dan Ferdinand di Samudera Hindia, mengutip dari BMKG.

Baca juga: Jakarta Banjir, Berikut Daftar Wilayah Padam Listrik di DKI Jakarta, Banten, dan Jabar

Sedangkan media Singapura StraitsTimes menuliskan bahwa ibu kota Jakarta dilanda banjir serius untuk kedua kalinya di tahun ini.

"Hujan deras membawa banjir ke ibukota Indonesia pada hari Selasa, melumpuhkan sebagian besar kota. Pekerja penyelamat menggunakan perahu untuk menavigasi jalan-jalan yang berubah menjadi jalur air yang gelap dan cokelat untuk membuat orang selamat," tulis StraitTimes.

Kantor berita Reuters mengutip keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, disebutkan lebih dari 200 RW terkena dampak banjir.

Anies juga menambahkan bahwa pos-pos evakuasi telah didirikan dengan fasilitas kesehatan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X