Afghanistan, Bahrain, Kuwait, Irak Laporkan Kasus Pertama: 34 Negara Konfirmasi Terinfeksi Virus Corona

Kompas.com - 24/02/2020, 19:45 WIB
Warga menunggu diberikan akses sebelum bisa berbelanja di sebuah supermarket di kota kecil Italia, Casalpusterlengo, terkait pemeriksaan virus corona, Minggu (23/2/2020). Penyebaran virus corona hingga hari ini, Senin (24/2/2020), semakin menunjukkan peningkatan di sejumlah negara, seperti Italia, Iran, dan Korea Selatan. AFP/MIGUEL MEDINAWarga menunggu diberikan akses sebelum bisa berbelanja di sebuah supermarket di kota kecil Italia, Casalpusterlengo, terkait pemeriksaan virus corona, Minggu (23/2/2020). Penyebaran virus corona hingga hari ini, Senin (24/2/2020), semakin menunjukkan peningkatan di sejumlah negara, seperti Italia, Iran, dan Korea Selatan.

KOMPAS.com - Virus corona covid-19 sampai dengan hari ini masih terus menarik perhatian publik. Pasalnya jumlah korban masih terus bertambah hingga hari ini.

Kasus kematian akibat virus ini pun pada Senin (24/02/2020) ada sebanyak 79.363 kasus terkonfirmasi.

Adapun jumlah kematian adalah sebanyak 2.522 kematian dengan jumlah pasien yang sembuh sebanyak 24.940.

Berikut ini 33 kasus negara-negara yang mengonfirmasi adanya virus corona:

1. Kuwait

Kuwait menjadi negara yang baru saja melaporkan adanya temuan kasus virus corona pertama di negaranya.

Kasus tersebut disebut berasal dari seorang pria Kuwait berusia 53 tahun, seorang warga Saudi Arabia berusia 61 tahun dan seorang warga negara Arab berusia 21 tahun.

"Ketiga kasus berada di bawah pengawasan konstan oleh otoritas kesehatan," ujar pejabat Kementerian Kuwait sebagaimana dikutip dari SCMP

Kuwait sendiri sebelumnya telah menangguhkan semua penerbangannya ke Iran pada Jumat (21/02/2020) menyusul adanya laporan virus corona di Iran.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Perlukah Minum Suplemen untuk Mencegahnya?

2. Bahrain

Negara ini juga mengonfirmasi temuan satu kasus terinfeksi virus corona di negaranya.

Mengutip dari Aljazeera, kasus tersebut berupa seorang warga negara yang baru saja tiba di Iran.

Laporan tersebut disampaikan oleh Kementerian Kesehatan setempat.

3. Afghanistan

Melansir dari SCMP, Menteri Kesehatan Masyarakat Afghanistan, Ferozuddin Feroz mengatakan dalam sebuah konferensi pers di Kabul, salah satu dari tiga kasus yang diduga virus corona di negara itu dikonfirmasi di Provinsi Herat, Afghanistan Barat.

Pihaknya menyampaikan pengumuman keadaan darurat di provinsi itu yang berbatasan dengan Iran di mana di negara itu puluhan kasus telah dikonfirmasi dan 12 orang dinyatakan meninggal.

"Saya meminta orang-orang untuk tinggal di rumah dan membatasi pergerakan mereka," kata Ferozuddin sebagaimana dikutip dari Business Insider, merujuk pada penduduk di wilayah perbatasan.

Sebelumnya, ketiga orang dengan dugaan kasus virus corona di Herat tersebut baru-baru ini kembali dari Iran.

Menyusul adanya kasus-kasus yang dicurigai virus corona, Afghanistan menghentikan semua penerbangan dan transportasi darat dari dan ke Iran pada akhir pekan.

Baca juga: Kepala BKPM: Dampak Corona Sistemik, tapi Realisasi Investasi Masih Bagus

4. Taiwan

Taiwan merupakan salah satu negara yang telah mengonfirmasi adanya temuan virus corona. Bahkan telah ada kasus pasien meninggal akibat virus ini.

Seorang pria berusia 60 tahun meninggal akibat komplikasi pneumonia dan septikemia pada Hari Sabtu menjadi kematian pertama Taiwan akibat virus corona. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-Chung.

Pria itu belum berpegian ke luar negeri. Namun belajar dari kasus Singapura, Chen mengatakan, akhirnya diputuskan untuk menguji apakah pria tersebut terkena virus corona, dan hasilnya ternyata positif.

Pria tersebut merupakan sopir taksi tanpa izin yang penumpangnya sebagian besar dari China, Hong Kong dan Makau.

Kasus virus corona di negara ini tercatat telah ada 28 kasus.

5. Thailand

Negara ini telah mengonfirmasi adanya temuan kasus sejak 24 Januari 2020. Saat ini sebanyak 35 kasus telah dikonfirmasi ada di negara tersebut.

Sebanyak 12 pasien telah dinyatakan sembuh sementara 21 lain masih menjalani perawatan.

Baca juga: Virus Corona di Iran: 50 Orang Meninggal di Kota Qom

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X