75 Tahun Perjalanan Karier Politik Mahathir Mohamad

Kompas.com - 24/02/2020, 16:40 WIB
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad AFP Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad

KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad secara resmi mengajukan surat pengunduran diri kepada Raja Malaysia Sultan Abdullah, Senin (24/2/2020).

Pengunduran diri PM Malaysia tersebut merupakan puncak dari memanasnya suhu politik di Malaysia dalam beberapa hari terakhir.

Merintis sejak 75 tahun lalu, berikut perjalanan karier politik Mahathir Mohamad di Malaysia: 

Karier Awal

Dilahirkan pada 1925 di Alor Setar, Malaysia, Mahathir merupakan seorang dokter sebelum memutuskan untuk menjadi politisi di Partai UMNO (United Malay National Organisation).

Harian Kompas, 17 Juli 1981 memberitakan, kegiatan politik Mahathir bermula pada 1945 dan segera sesudahnya bergabung dengan UMNO.

Dengan dukungan UMNO, Mahathir sukses memenangkan kursi parlemen pada 1964. Setahun kemudian, ia menjadi anggota Majelis Tinggi UMNO hingga tahun 1969.

Namun pada pemilu 1969, ia gagal mengulangi kesuksesannya pada pemilu sebelumnya karena tak mampu merebut kursi parlemen.

Baca juga: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri

Mahathir kemudian menulis sebuah buku berjudul "The Malay Dilemma" yang menuntut tindakan afirmatif untuk orang Melayu asli dan status yang setara dengan orang China-Malaysia.

Buku itu juga berisi kritiknya atas keterbelakangan ekonomi orang Melayu.

Kritik tajamnya itu memantik kemarahan Perdana Menteri Malaysia saat itu Abdul Rahman. Imbasnya, pemerintah melarang buku Mahathir beredar.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X