Wabah Virus Corona Melanda Jepang, Bagaimana Nasib Olimpiade Tokyo 2020?

Kompas.com - 24/02/2020, 07:30 WIB
Cincin Olimpiade ditampilkan di depan lokasi pembangunan Stadion Nasional Baru, stadion utama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, selama kesempatan media di Tokyo, Jepang, 3 Jul 2019. channelnewsasia.com/Reuters/Issei KatoCincin Olimpiade ditampilkan di depan lokasi pembangunan Stadion Nasional Baru, stadion utama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, selama kesempatan media di Tokyo, Jepang, 3 Jul 2019.

KOMPAS.com - Tahun ini Jepang dijadwalkan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade 2020 di Tokyo.

Olimpiade akan dimulai sekitar 5 bulan dari sekarang, tepatnya sejal 24 Juli-9 Agustus 2020.

Namun, saat ini Jepang tengah menghadapi masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap enteng, yakni meningkatnya jumlah infeksi virus corona di Negeri Matahari Terbit itu.

Hal ini kemudian membuat banyak pihak bertanya-tanya, apakah Olimpiade akan berjalan sesuai dengan rencana? Atau justru terdampak akibat persebaran corona?

Tak hanya para pendukung atau penggemar dari seluruh penjuru dunia yang ingin datang menyaksikan pertandingan, para atlet yang akan bertanding pun mengaku was-was dengan kondisi yang saat ini tengah terjadi.

Salah satunya adakah Katarina Johnson-Thompson, atlet Heptatlon dari Inggris, ia berharap kondisi di Jepang segera pulih sehingga semua kegiatan bisa berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Apalagi mengingat Olimpiade merupakan kegiatan 4 tahunan yang sangat dinanti oleh seluruh insan olahraga di seluruh dunia.

"Saya berharap virus corona segera tertangani oleh Tokyo, karena banyak atlet telah mempersiapkan ini selama 4 tahun," ujar Katarina dikutip dari BBC.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020, Harapan Penyelenggaraan Tak Terhalang Virus Corona

Jalan terus

Sementara itu, pihak penyelenggara Tokyo 2020, International Olympic Committee (IOC) dan International Paralympic Committee (IPC) bersikeras tidak akan membatalkan gelaran pertandingan tingkat dunia ini.

Pekan lalu, Kepala tim inspeksi IOC, John Coates mengonfirmasi Tokyo 2020 masih berjalan sesuai rencana.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X