Virus Corona, Kapal Diamond Princess dan Permintaan Maaf Menkes Jepang...

Kompas.com - 23/02/2020, 20:31 WIB
Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, telah mengumumkan kematian pertama negara itu terkait wabah coronavirus. Kyodo via South China Morning Post (SCMP)Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, telah mengumumkan kematian pertama negara itu terkait wabah coronavirus.

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato meminta maaf setelah seorang wanita yang diperbolehkan meninggalkan kapal pesiar dinyatakan positif virus corona.

Wanita berusia 60-an tahun tersebut turun dari kapal Diamond Princess pada Rabu (19/2/2020) setelah masa karantina selesai.

Namun, setelah mengikuti pengujian di Prefektur Tochigi, sebelah utara Tokyo, hasilnya menunjukkan positif.

Baca juga: Mengenal Kapal Diamond Princess yang Dikarantina karena Virus Corona...

Pada konferensi pers, Sabtu (22/2/2020) malam, Kato menyebut sebanyak 23 orang yang turun pada hari Rabu (19/2/2020) dan Kamis (20/2/2020) belum menjalani tes ulang sejak awal 5 Februari.

Kementerian juga telah menghubungi mereka untuk pengujian ulang.

"Kami sangat meminta maaf atas situasi yang disebabkan oleh pengawasan kami," kata Kato, dilansir dari Reuters (23/2/2020).

"Kami akan mengambil semua tindakan yang diperlukan, seperti cek ganda untuk mencegah kejadian itu terulang," sambungnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan bahwa pemerintah perlu segera mempersiapkan ketentuan medis untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas.

Ia juga menginstruksikan Menteri Kesehatan Kato untuk merumuskan kebijakan komprehensif guna mencegak penyebaran infeksi.

Kapal pesiar yang membawa sekitar 3.700 penumpang dan awak tersebut telah menjalani masa karantina pada 3-19 Februari di Yokohama.

Baca juga: Korea Selatan Umumkan Kematian Kedua akibat Virus Corona

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X