Wabah Virus Corona, Korea Selatan Naikkan Kewaspadaan ke Level Tertinggi

Kompas.com - 23/02/2020, 19:46 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Korea Selatan meningkatkan kewaspadaan wabah virus corona ke level tertinggi pada Minggu (23/2/2020).

Dilansir dari Reuters, peningkatan status waspada ini dilakukan setelah terjadi lonjakan infeksi virus corona yang terjadi di beberapa wilayah Korea Selatan.

Dikabarkan, pemerintah China memperingatkan wabah di wilayahnya belum mencapai titik balik meskipun muncul tanda-tanda penurunan.

Presiden Korea Selatan Moon-Jae mengatakan, penempatan negara ke siaga merah atau level tertinggi lantaran meningkatnya kasus baru yang cepat.

Dikutip dari The New York Times, peningkatan ke level 4 (tertinggi) ini merupakan sebuah langkah yang memberdayakan pemerintah untuk mengunci kota-kota, membatasi transportasi umum, melarang pengunjung dari negara-negara tertentu, dan mengambil langkah-langkah lain untuk mengatasi wabah tersebut.

Namun, Moon tidak mengumumkan tindakan spesifik apapun untuk melawan virus ini.

Baca juga: Korea Selatan Umumkan Kematian Kedua akibat Virus Corona

Meningkatnya tingkat siaga memungkinkan pemerintah untuk mengirimkan sumber daya tambahan ke Kota Daegu dan daerah Cheongdo yang ditetapkan sebagai zona perawatan khusus pada Jumat (21/2/2020) lalu.

Lebih lanjut, menurut Kantor Berita Korea Selatan Yonhap, hal ini juga memungkinkan pemerintah secara paksa mencegah kegiatan publik dan memerintahkan penutupan sementara sekolah, meski pemerintah tidak memberikan rincian langsung tentang apa yang diambil.

Per Minggu (23/2/2020) sore, data dari gisanddata menunjukkan bahwa sebanyak 602 kasus terkonfirmasi positif terjangkit virus yang masih keluarga besar penyebab MERS dan SARS ini.

Mayoritas kasus virus corona di Korea Selatan berada di Kota tenggara Daegu, yang pada dasarnya telah ditempatkan dalam keadaan darurat meskipun orang masih bebas keluar masuk meninggalkan kota.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X