Hilangkan Trauma, Korban Susur Sungai SMPN 1 Turi Mendapat Pendampingan Psikologi

Kompas.com - 23/02/2020, 17:00 WIB
Sebagian siswa SMP Negeri 1 Turi Sleman, Yogyakarta, yang selamat dari terjangan aliran sungai yang deras saat melakukan kegiatan Pramuka susur sungai di Sungai Sempor, Jumat (21/2/2020). dok BNPBSebagian siswa SMP Negeri 1 Turi Sleman, Yogyakarta, yang selamat dari terjangan aliran sungai yang deras saat melakukan kegiatan Pramuka susur sungai di Sungai Sempor, Jumat (21/2/2020).

KOMPAS.com - Kegiatan susur sungai yang dilakukan oleh SMPN 1 Turi, Jumat (21/2/2020) berakhir dengan hanyutnya ratusan peserta. Sebanyak 10 siswa meninggal dunia, 22 lainnya mengalami luka-luka. 

Banyak dari ratusan anak-anak yang selamat dari insiden tersebut mengalami trauma setelah adany akejadian tersebut. 

Rencananya para siswa selamat dari insiden tersebut akan mendapatkan pendampingan psikologi untuk menghilangkan trauma yang dialami para korban. 

Pendampingan psikologi ini berdasarkan keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Minggu (23/2/2020).

Pemberian pendampingan psikologi diagendakan sebagai upaya tindak lanjut yang dilakukan dalam penanganan kecelakaan air yang terjadi pada Jumat (21/2/2020) sore itu.

"Posko Pendampingan Psikologi direncanakan kegiatan akan dimulai hari Senin besok sampai 5 hari ke depan," kata Koordinator Posko Data dan Informasi BPBD DIY, Makwan, dalam keterangannya.

Untuk kegiatan itu, sebanyak 40 psikolog dari IPSI dan 4 psikolog dari Biddokes Polda DIY rencananya akan diturunkan.

Namun belum ada informasi tambahan yang didapat untuk kegiatan Pendampingan Psikologi ini. Saat dihubungi langsung, Makwan menyebut masih melakukan koordinasi lebih lanjut.

"Ini (masih) koordinasi dengan tim psikologi untuk rencana besok," jawabnya saat dihubungi Kompas.com melalui pesan singkat.

Baca juga: Mengenal Kegiatan Susur Sungai: Tujuan, Manfaat dan Persiapannya...

Posko pendampingan ini nantinya akan didirikan di SMP Negeri 1 Turi, tempat para siswa tersebut bersekolah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X