Kilas Timur Tengah Sepekan, dari Kasus Corona di Iran hingga Ancaman Erdogan

Kompas.com - 23/02/2020, 14:36 WIB
Tentara Afghanistan menjadi titik pemeriksaan di Helmand, Afghanistan, 22 Februari 2020. Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan pada 21 Februari, bahwa pengurangan kekerasan tujuh hari yang dijanjikan oleh Taliban akan menentukan langkah pemerintah selanjutnya dalam proses perdamaian Afghanistan.  EPA-EFE/WATAN YAR WATAN YARTentara Afghanistan menjadi titik pemeriksaan di Helmand, Afghanistan, 22 Februari 2020. Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan pada 21 Februari, bahwa pengurangan kekerasan tujuh hari yang dijanjikan oleh Taliban akan menentukan langkah pemerintah selanjutnya dalam proses perdamaian Afghanistan. EPA-EFE/WATAN YAR

KOMPAS.com - Timur Tengah, sebuah kawasan dengan cadangan minyak bumi terbesar di dunia, tak pernah luput dari perhatian dunia.

Selain menyajikan kekayaan sumber daya alam dan sejarah masa lalu, Timur Tengah berada dalam pusaran konflik memilukan.

Ibarat benang kusut, konflik di Timur Tengah tak kunjung menemui jalan damai. Terlebih banyaknya negara asing juga terlibat di dalamnya.

Baca juga: Soal Rencana Trump, Warga Gaza: Palestina Not For Sale!

Berikut peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di kawasan Timur Tengah dalam sepekan:

1. Rencana Damai di Afghanistan

Jalan panjang konflik di Afghanistan mulai menemui titik damai setelah AS menyatakan masa "pengurangan kekerasan" dengan Taliban selama tujuh hari.

Melalui Menteri Luar Negerinya Mike Pompeo, AS akan bersiap menandatangani kesepakatan fase pertama pada 29 Februari, dikutip dari pemberitaan Kompas.com (22/2/2020).

Kesepakatan itu akan menjadi momen bersejarah bagi Afghanistan setelah terlibat konflik bersaudara selama kurang lebih dua dekade.

Sementara itu, kelompok pemberontak Afghanistan mengatakan, mereka akan menciptakan situasi keamanan jelang penandatanganan itu.

Mereka berharap bahwa penandatanganan tersebut akan membawa perdamaian bagi Afghanistan yang dimulai dari penarikan seluruh pasukan asing.

Baca juga: Potret al-Hol, Kamp Pengungsian ISIS di Suriah

2. Pemilihan Parlemen Iran

Pada Jumat (21/2/2020), rakyat Iran memberikan suaranya dalam pemilihan parlemen.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X