Mengenal Kegiatan Susur Sungai: Tujuan, Manfaat dan Persiapannya...

Kompas.com - 22/02/2020, 21:17 WIB
Ratusan siswa SMP N 1 Turi Sleman dilaporkan hanyut terbawa arus saat susur Sungai Sempor Sleman Antaranews.comRatusan siswa SMP N 1 Turi Sleman dilaporkan hanyut terbawa arus saat susur Sungai Sempor Sleman

KOMPAS.com - Kegiatan susur sungai yang dilakukan oleh Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta, Jumat (21/2/2020) memakan korban meninggal dunia sebanyak 9 siswa.

Padahal, apabila dilakukan dengan persiapan yang matang dan mengutamakan keselamatan, susur sungai memiliki banyak manfaat.

Mantan Ketua Divisi Arung Jeram Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Gadjah Mada (Mapagama) M. Hari Subarkah menjelaskan, susur sungai adalah kegiatan mengenalkan ekologi sungai.

Terdiri dari pengenalan arus air, komponen yang ada di sungai, bentukan sungai, lingkungan sekitar sungai, badan sungai baik itu lingkungan pertanian, hutan, mata air dan sebagainya.

" Susur sungai melatih seseorang untuk memahami jenis bahaya yang ada di sungai dan kegiatan melatih ketahanan fisik," kata Barkah saat dihubungi Kompas.com Sabtu (22/2/2020).

Ekologi sungai menurut Barkah, bisa bermacam-macam tergantung lokasinya apakah di pinggir hutan, kawasan pertanian atau perkotaan, ekologinya berbeda-beda.

Baca juga: Siswa SMPN 1 Turi Hanyut saat Susur Sungai, Bagaimana Cara Pertolongan Pertama pada Korban Tenggelam?

Tingkatan susur sungai

Meskipun demikian, kegiatan susur sungai memiliki kriteria tertentu. Tergantung dengan usia peserta, lebar sungai dan tujuan susur sungai.

Untuk siswa SD-SMP menurut Barkah hanya sebatas dikenalkan lewat sungai kecil dengan lebar satu meter hingga dua meter.

Selanjutnya apabila peserta susur sungai tingkat SMA atau mahasiwa di mapala bisa dikenalkan bahaya sungai, acara menyeberangi sungai dan menyelamatkan diri di sungai.

"Itu pun susur sungai untuk sungai kecil bukan sungai besar, kalau sungai besar itu sudah masuk petualangan dan untuk yang sudah mahir. Sungai sempor saya pribadi itu tingkatnya sudah besar," jelas pria yang pernah aktif di Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) itu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X