Selesai Karantina, Berikut Kronologi Kasus Corona di Diamond Princess

Kompas.com - 21/02/2020, 05:50 WIB
Seorang pria bermasker menelepon dengan latar belakang kapal pesiar Diamond Princess yang di dalamnya terdapat penumpang yang menjalani karantina, di Terminal Daikoku Pier Cruise di Yokohama, Jepang, Rabu (19/2/2020). Setidaknya 500 penumpang diizinkan keluar setelah dikarantina selama 14 hari, menyusul kabar terdapat 542 penularan positif corona di dalam kapal tersebut. AFP/CHARLY TRIBALLEAUSeorang pria bermasker menelepon dengan latar belakang kapal pesiar Diamond Princess yang di dalamnya terdapat penumpang yang menjalani karantina, di Terminal Daikoku Pier Cruise di Yokohama, Jepang, Rabu (19/2/2020). Setidaknya 500 penumpang diizinkan keluar setelah dikarantina selama 14 hari, menyusul kabar terdapat 542 penularan positif corona di dalam kapal tersebut.

KOMPAS.com - Merebaknya virus corona membuat semua negara bersiaga. Jalur masuk seperti bandara dan pelabuhan dijaga ketat. 

Salah satunya di Jepang. Bahkan kapal Pesiar Diamond Princess tertahan di sana setelah ditemukan satu penumpangnya positif virus corona.

Ada 3.711 penumpang dan kru yang terpaksa dikarantina di kapal pesiar itu selama 14 hari. 

Bahkan Warga Negara Indonesia (WNI) juga ada yang di sana. Empat orang di antaranya positif virus corona.

Akhirnya, Rabu (19/2/2020) kemarin penumpang sudah mulai bisa turun dari kapal. 

Baca juga: Saat China Buka Konsultasi Online untuk Redakan Kecemasan Pasien Virus Corona...

Bagaimana kronologi kasus virus corona di kapal pesiar Diamond Princess tersebut? Dilansir laman resmi Princess, berikut ini perkembangannya: 

1 Februari

Princess Cruises mengkonfirmasi seorang penumpangnya positif terkena virus corona. Penumpang tersebut turun di Tokyo pada 25 Januari. 

Dia tidak terlihat di pusat medis kapal selama perjalanan. Penumpang itu kemudian dirawat di rumah sakit setempat (Hong Kong) dan dalam kondisi stabil.

4 Februari

Rencananya Diamond Princess akan diberangkatkan dari Yokohama, Jepang pada 4 Februari.

Namun karena adanya salah satu penumpang yang positif virus corona, kapal ditahan dan penumpang dikarantina selama 14 hari ke depan.

Semua penumpang Diamond Princess diberitahu akan menerima pengembalian uang secara penuh. 

Setiap tamu juga akan menerima kredit pesiar masa depan seratus persen.

Kapal pesiar Diamond Princess mengkonfirmasi ada 2.666 tamu saat itu di dalam kapal, yang mencakup berbagai kebangsaan. Sekitar setengah dari tamu berasal dari Jepang.

Selain itu ada 1.045 kru. Jika dijumlahkan seluruh orang yang ada di kapal adalah 3.711.

Kementerian Kesehatan Jepang melakukan pemeriksaan kesehatan dengan cara sampel.

Baca juga: Melihat Cara Singapura Menangani Penyebaran Virus Corona...

Dari pemeriksaan hari itu diketahui 10 orang dinyatakan positif mengidap Coronavirus, terdiri atas:

  • 2 orang penumpang Australia
  • 3 orang penumpang Jepang
  • 3 orang penumpang Hong Kong
  • 1 orang penumpang AS
  • 1 orang kru Filipina

6 Februari

Pihak Diamond Princess memberikan berbagai fasilitas untuk para penumpang agar betah berada di kapal selama masa karantina yang direncanakan berlangsung 14 hari.

Fasilitas tersebut seperti internet, telepon baru, saluran tv, video, surat kabar cetak, berbagai pilihan makanan, paket aktivitas anak, dan sebagainya.

Kasus baru dikonfirmasi. Ada 41 orang dinyatakan positif coronavirus berasal dari:

Halaman:

Sumber Princess
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X