Viral Tantangan Berbahaya Skull Breaker Challenge, Ini Imbauan KPAI

Kompas.com - 17/02/2020, 06:13 WIB
Viral video tantangan Skull Breaker Challenge di media sosial. Twitter: @yasalebanonViral video tantangan Skull Breaker Challenge di media sosial.

KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) mengeluarkan imbauan terkait viralnya tantangan  skull breaker challenge.

Seperti diketahui, dalam sepekan ini, media sosial tengah diramaikan dengan tantangan berbahaya skull breaker challenge.

Tantangan ini viral dengan tanda pagar #skullbreakerchallenge di media sosial Twitter dan aplikasi TikTok.

Skull breaker challenge dilakukan oleh tiga orang yang berjajar dan selanjutnya akan melompat sesuai aba-aba.

Orang yang berada di tengah akan dijegal oleh dua orang di sisi kanan dan kirinya hingga terjatuh dan terjerembab.

Baca juga: Viral Skull Breaker Challenge, Jangan Asal Ikut-ikutan, Bisa Berujung Kematian

Salah satu video viral terkait Skull Breaker Challenge diunggah oleh akun twitter YASA for Road Saefety, @yasalebanon pada Kamis (13/2/2020).

Aksi ini kemudian viral di berbagai negara, dilakukan oleh remaja maupun orang dewasa. Banyak video yang beredar terkait tantangan ini, tak hanya di media sosial tetapi juga di grup-grup percakapan Whatsapp.

Ketua KPAI Susanto mengatakan, KPAI mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar tidak ikut melakukan tantangan viral tersebut.

"Ini merupakan permainan berbahaya. Kami berharap orangtua dan guru waspada serta menjelaskan dan meyakinkan kepada anak agar tidak melakukan segala bentuk permainan berbahaya, termasuk yang saat ini sudah viral," ujar Susanto saat dihubungi Kompas.com pada Minggu (16/2/2020).

Baca juga: Viral Bintik Putih pada Ikan Lele Disebut Mengandung Cacing, Benarkah?

Untuk mencegah penyebaran video semakin meluas, Susanto meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) agar memblokir konten negatif tersebut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X