Cegah Virus Corona, Kebaktian di Beberapa Gereja Singapura Dilakukan Online

Kompas.com - 16/02/2020, 18:45 WIB
Gereja St Alphonsus di Novena, Singapura terlihat sepi karena ibadah hari ini, Minggu (16/2/2020) ditangguhkan. ST/Gavin VooGereja St Alphonsus di Novena, Singapura terlihat sepi karena ibadah hari ini, Minggu (16/2/2020) ditangguhkan.

KOMPAS.com - Pemandangan berbeda terlihat dari Gereja St Alphonsus atau Gereja Novena di Singapura pagi ini, Minggu (16/2/2020).

Gereja yang biasanya ramai dikunjungi jamaah, pada hari Minggu itu tampak sepi. Pada pukul 09.00 pagi seperti dilansir dari The Straits Times, terlihat kurang dari 30 orang yang ada di sekitar gereja katolik yang memiliki kapasitas 1.500 jemaah tersebut.

Padahal biasanya, gereja ini mengadakan misa atau kebaktian sebanyak 4 kali dalam satu hari setiap Minggu tiba.

Beberapa jemaah terlihat mengenakan masker dan duduk di duduk di luar katedral utama dan berdoa dalam hati.

Jumat (14/2/2020), Uskup Agung Singapura, William Goh mengatakan misa untuk jemaah Katolik di Gereja Novena ditangguhkan sampai batasan waktu yang belum pasti sejak Sabtu (16/2/2020).

Pengumuman itu disampaikan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus corona dengan berkumpulnya banyak orang.

Seorang pegawai rumah tangga asal Filipina, Luvimin Calepardo (45) yang telah menjadi jemaah gereja tersebut selama lebih dari 8 tahun mengatakan kondisi gereja di Minggu pagi memang jauh lebih sepi dari biasanya.

"Rutin setiap Minggu, saya datang dan menghadiri misa di sini. Saya melihat kabar tentang pembatalan misa, tapi saya memutuskan untuk datang dan berdoa dengan cara saya sendiri," ujar dia.

Baca juga: Satu Profesor Positif Virus Corona, Kuliah di Kampus Singapura Ini Dilakukan Secara Online

Misa lewat online

Meskipun missa ditangguhkan tanpa kejelasan waktu, namun sebuah rekaman misa telah disiarkan oleh Keuskupan Agung Katolik Roma Singapura, Minggu ini.

Rachel Tan (24), menyebut ini sebagai pengalaman baru baginya, pertama kali menjalani misa dari rekaman yang disebarkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X