Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Longsor, Jasa Marga Pastikan Tol Cipularang Masih Bisa Dilalui

Kompas.com - 16/02/2020, 16:17 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanah longsor yang terjadi di samping salah satu ruas jalan Tol Cipularang Selasa (11/2/2020), membuat masyarakat penggunanya bertanya-tanya apakah jalan tersebut masih bisa dilalui kendaraan atau tidak.

Sebab, jalan tol yang banyak digunakan masyarakat dari Bandung menuju Jakarta tersebut memiliki potensi untuk terputus karena diapit oleh dua bagian longsor di kanan dan kirinya.

Pertanyaan ini banyak dilontarkan masyarakat melalu media sosial, khususnya Twitter.

Salah satunya seperti ditanyakan oleh akun @rustiawati pada Minggu (16/2/2020). 

"Mohon info Tol Cipularang, apakah benar ada longsor sekitar sana? Ini saya dapat foto dari WAG," tulisnya sembari mengunggah sebuah foto udara yang menampilkan kawasan longsor.

Pemilik akun lainnya juga mengaku menanyakan, karena tidak mengetahui apakah tol sepanjang 58,8 kilometer ini masih berfungsi secara normal atau tidak.

Baca juga: Longsor di Bandung Barat Ancam Sebagian Badan Jalan Tol Cipularang KM 118

Menjawab pertanyaan-pertanyaan sejenis yang ditanyakan melalui Twitter, akun resmi Twitter Jasa Marga memberikan penjelasannya.

Disebutkan, ruas jalan tol tersebut masih bisa dilalui secara normal.

Sebelumnya, melalui keterangan resminya, General Manager Jasa Marga cabang Purbaleunyi, Pratomo Bimawan Putra juga menyatakan hal yang sama.

"Peristiwa longsor di Desa Sukatani kemarin membuat Tol Cipularang terdampak, tepatnya di Km 118+600 arah Jakarta. Namun ruas tol tetap aman dilalui kendaraan. Kami segera melakukan pemasangan dolken dan sandbag, serta menyiagakan petugas untuk monitoring dan antisipasi pengamanan di lokasi sekitar," ujarnya, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Begini Kondisi Ruas Tol Cipularang Pasca-longsor

Perbaikan jangka menengah dan panjang akan dilakukan Jasa Marga dengan menggandeng Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR, dan Tim Ahli. Informasi lebih lanjut mengenai Tol Cipularang dapat menghubungi kontak 14080.

Berdasarkan informasi yang diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat sebagaimana disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo, saat ini kedalaman lumpur di area longsoran masih sedalam kurang lebih 3 meter.

Disebutkan pula, pihak Jasa Marga saat ini tengah membuat tanggul untuk mencari titik gorong-gorong yang tersumbat dengan mendatangkan 4 alat berat termasuk ekskavator amfibi.

Selain itu tanggul juga akan diperkuat dengan dibuatkan borvell dan bronjong. Jasa Marga juga menyediakan 3 unit pompa untuk menyedot air yang sewaktu-waktu bisa kembali.

Baca juga: Antisipasi Longsor Tol Cipularang, Jasa Marga Pasang Dolken

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com