Sempat Terombang-ambing dan Ditolak Beberapa Negara, Kapal Westerdam Akhirnya Temukan Pelabuhannya

Kompas.com - 14/02/2020, 15:05 WIB
Kapal pesiar Holland America MS Westerdam  EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT YONHAPKapal pesiar Holland America MS Westerdam EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT

KOMPAS.com – Mereka yang terombang-ambing di atas kapal pesiar Wasterdam selama dua minggu akhirnya menemukan pelabuhannya.

Usai ditolak beberapa negara yakni Taiwan, Jepang, Filipina dan Thailand, kapal pesiar yang mempunyai nama lengkap Holland America MS Westerdam tersebut akhirnya diizinkan mendarat di Kamboja.

MS Westerdam mengangkut 1.455 penumpang dengan 802 awak tiba di kota pelabuhan Sihanoukville, Kamis (13/02/2020) dini hari.

Diketahui, Westerdam meninggalkan Hong Kong pada 1 Februari dan awalnya dijadwalkan untuk mendarat di Shanghai pada hari Sabtu sebelum virus corona mencengkeram daratan Cina dan memaksa perubahan rencana perjalanan.

Tapi di tengah perjalanan, kapal tersebut kemudian merubah rencana perjalanannya ke beberapa titik lain.

Baca juga: Viral Kado Valentine Unik, dari Buket Anti-Corona hingga Buket Uang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usai kedatangan kapal tersebut, pejabat Kamboja mengumpulkan sampel dari penumpang untuk memeriksa adanya tanda kesehatan buruk dari penumpang.

Dari keseluruhan sampel yang diperiksa pejabat setempat, tak ada sampel virus yang dinyatakan positif dari penumpang.

“Ketakutan adalah penyakit nyata, bukan virus. Kamboja tidak memiliki deskriminasi. Kita harus berkontribusi pada urusan kemanusiaan di saat darurat. Jika tak ada yang mengizinkan masuk, Kamboja akan melakukannya,” ujar Perdana Menteri Hun Sen dikutip dari South China Morning Post.

Ia juga mengatakan hari ini dirinya akan melakukan perjalanan ke Sihanoukville untuk melihat penumpang secara langsung.

“Pagi ini, hanya melihat tanah saja menjadi momen menakjubkan. Saya berpikir: Apakah ini nyata?” kata Angela Jones seorang turis Amerika.

Baca juga: Tangkal Virus Corona, Berikut Cara Penggunaan Masker yang Benar

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.