Pendaftaran SNMPTN Dimulai Besok, Ini Cara Mendaftar dan Kuotanya

Kompas.com - 13/02/2020, 18:33 WIB
Laman yang memuat daya tampung dan kuota PTN se-Indonesia yang membuka jalur SNMPTN -Laman yang memuat daya tampung dan kuota PTN se-Indonesia yang membuka jalur SNMPTN

KOMPAS.com - Pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dimulai besok, Jumat (14/2/2020).

Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Anwar Effendi mengatakan proses pendaftaran SNMPTN dimulai dengan sejumlah tahapan.

Sebelum melakukan pendaftaran, calon mahasiswa baru diharuskan telah mengikuti sejumlah tahapan sejak Desember silam, yakni mulai dari registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), pengisian PDSS, dan pemeringkatan.

Dari hasil pengisian PDSS, jumlah siswa yang mampunyai akun LTMPT dan permanen akun yang sudah diisikan datanya sebanyak 1.215.744.

"Artinya siswa yang bisa mendaftar SNMPTN sesuai dengan hasil pengisian PDSS," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (13/02/2020).

Baca juga: Mengenal Aplikasi Tuker Sampah Mahasiswa UNS yang Meraih Medali Perunggu di AI-JAM Japan 2019

Pendaftaran SNMPTN 

Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, selanjutnya bisa mendaftar.

Langkah-langkah pendaftaran SNPMTN sebagai berikut:

  1. Login ke Portal LTMPT dengan email dan password masing-masing siswa
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata
  3. Kemudian memilih pilihan PTN dan program studi
  4. Mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada)
  5. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id.
  6. Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Daya tampung dan kuota PTN

Anwar menjelaskan saat ini daya tampung dan kuota tiap prodi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah diumumkan.

"Sudah ada. Bisa dilihat di laman SNMPTN dan LTMPT," katanya lagi.

Di laman SNMPTN ada 86 universitas yang bisa dipilih. Saat ini daya tampung dan kuotanya sudah bisa diakses, sehingga calon pendaftar bisa mengamati sebelum pendaftaran besok.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X