Hari Ini dalam Sejarah: Gunung Kelud Meletus, Lumpuhkan Sejumlah Kota

Kompas.com - 13/02/2020, 06:33 WIB
Warga Dusun Pait Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Jawa Timur, Senin (24/2/2014) memperbaiki rumah mereka yang rusak terkena hujan debu dan batu erupsi Gunung Kelud beberapa waktu lalu. Hingga kini warga masih membutuhkan terpal, genting, dan material lain untuk memperbaiki rumah mereka. KOMPAS/DAHLIA IRAWATIWarga Dusun Pait Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Jawa Timur, Senin (24/2/2014) memperbaiki rumah mereka yang rusak terkena hujan debu dan batu erupsi Gunung Kelud beberapa waktu lalu. Hingga kini warga masih membutuhkan terpal, genting, dan material lain untuk memperbaiki rumah mereka.

KOMPAS.com - Hari ini 6 tahun lalu, tepatnya 13 Februari 2014, Gunung Kelud yang berada di perbatasan Kediri-Blitar-Malang, Jawa Timur meletus.

Gunung Kelud meletus pada malam hari. Suara dentumannya bahkan sampai terdengar hingga Yogyakarta.

Tak hanya itu, abu vulkanik juga menyelimuti langit di sejumlah kota di empat provinsi.

Selain membuat gelap, abu vulkanik juga menyebabkan jalan licin sehingga melumpuhkan aktivitas di sejumlah kota.

Diberitakan Harian Kompas, 14 Februari 2014, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana saat itu, Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, erupsi Gunung Kelud pukul 22.50 WIB.

Pada pukul 23.30 WIB, awan panas mencapai ketinggian 17 kilometer.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menganalisis, abu dan pasir pada lapisan 1.500 meter terbawa ke arah timur laut, sedangkan pada lapisan 5.000 meter ke arah barat laut, dan pada ketinggian 9.000 meter ke arah barat.

Akibat peristiwa ini, empat orang meninggal dunia dan ratusan ribu orang mengungsi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Meteorit Sikhote-Alin Jatuh di Siberia, Rusia

Peningkatan aktivitas

Aktivitas Gunung Kelud telah menunjukkan peningkatan dalam beberapa hari sebelum terjadi letusan.

Status Gunung Kelud pun ditingkatkan menjadi Siaga.

Halaman:
Baca tentang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X