Kompas.com - 12/02/2020, 17:25 WIB

KOMPAS.com - Presiden China, Xi Jinping dilaporkan menelepon dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk mengekspresikan kepercayaan dirinya memenangkan 'pertarungan' dengan virus corona yang tengah mewabah saat ini. 

Melansir Xinhua, pembicaraan ini dilakukan pada Selasa (11/2/2020) malam.

Selain itu, Xi Jinping juga percaya bahwa dirinya dapat memcapai tujuan ekonomi dan pembangunan sosial di tengah wabah virus corona. 

Xi mencatat bahwa pada saat yang genting seperti ini, ketika China tengah bertarung melawan epidemi virus corona, percakapan telepon dengan Presiden Joko Widodo mencerminkan persahabatan dengan Indonesia dan dukungan terhadap China sebagai mitra strategis yang komprehensif. 

Ia juga mengungkapkan apresiasi atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan oleh  teman-teman Indonesia.

"China dan Indonesia, keduanya merupakan negara berkembang yang besar, harus bergandengan tangan memikul tanggungjawab negara-negara besar dan mencapai kemajuan baru," kata Xi.

Menurut Xi, China siap untuk terus melanjutkan persahabatan baik dengan Indonesia. 

Pihaknya juga akan terus memperdalam sinergi dari strategi pembangunan, serta mengimplementasikan bersama proyek-proyek utama pada konstruksi. 

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Kunjungi Pasien Virus Corona

Prioritas utama Pemerintah China 

Di sisi lain, Xi menekankan bahwa memerangi epidemi virus corona ini adalah prioritas utama pemerintah China saat ini.

China akan meneruskan penguatan kerja sama dalam pencegahan dan pengendalian epidemi dengan Indonesia dan negara-negara lainnya. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.