Kompas.com - 12/02/2020, 07:31 WIB
Ilustrasi kapal pesiar. Dok. ShutterstockIlustrasi kapal pesiar.

KOMPAS.com – Kapal pesiar Holland America MS Westerdam terombang-ambing beberapa hari di laut lepas usai ditolak berlabuh di 5 negara yakni Filipina, Taiwan, Jepang, Guam, dan Thailand.

Melansir dari New York Post, kapal berbendera Belanda tersebut tengah membawa 2.000 orang, dan ditolak karena adanya ketakutan di negara-negara tersebut akan virus corona.

Awalnya Holland America meninggalkan Hong Kong pada 1 Februari sembari mengangkut 687 penumpang yang tertinggal di atas kapal dari perjalanan sebelumnya.

Sehingga penumpang menjadi 1.455 dan awak kapal sebanyak 802. Total dari penumpang keseluruhan yang diangkut adalah 2.257 orang.

Dikutip dari Dailymail, seorang penumpang Bev Thurbin mengatakan kapal itu sempat ditolak masuk ke Filipina dan kemudian ke Taiwan lantaran kekhawatiran negara tersebut akan adanya virus corona.

Selanjutnya kapal tersebut memindahkan titik turunnya dari rencana semula ke Shanghai China menjadi ke Yokohama Jepang sebagai upaya alternatif menghabiskan sisa pelayaran 14 hari mereka di wilayah Asia Timur.

Baca juga: 3.835 Km dari China, Mengapa Kasus Virus Corona Singapura Hampir Sama dengan Hong Kong?

Akan tetapi Jepang menolak rencana itu dengan mengumumkan akan menggunakan hukum imigrasi untuk memblokir masuknya penumpang asing dari kapal.

Kapal tersebut dijadwalkan akan memasuki Pulau Ishigaki, Naha, Okinawa, Nagasaki, dan Fukuoka (Hakata), sebelum dijadwalkan gilirannya tiba di Yokohama pada 15 Februari.

“Holland America Line telah diberitahu bahwa Pemerintah Jepang tidak akan mengizinkan Westerdam untuk berhubungan dengan pelabuhan-pelabuhan Jepang," kata petugas jalur pelayaran dalam siaran pers yang disediakan oleh Direktur Hubungan Masyarakat Erik Elvejord sebagaimana dikutip USA Today.

Masalah Westerdam kemudian berlanjut usai Gubernur Guam willayah AS, Leon Guerrero menolak permintaan Departemen Luar Negeri untuk mengizinkan kapal tersebut berlabuh di sana.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X