Bos WHO: Kasus Virus Corona di Luar China Bisa Jadi Fenomena Gunung Es

Kompas.com - 10/02/2020, 16:20 WIB
corona virus blood sample Soniscorona virus blood sample

KOMPAS.com - Kasus penyebaran dan kematian karena virus corona masih terus meningkat setiap harinya. Hingga Senin (10/2/2020) dilaporkan, virus corona menyebabkan lebih dari 910 korban jiwa dan kasus terinfeksi lebih dari 40.000.

Di luar China, ada sekitar 376 kasus positif terinfeksi virus corona yang tersebar di lebih dari 25 negara. 

Dikutip dari Guardian, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, kondisi penyebaran virus corona bisa seperti fenomena gunung es

Tedros juga memperingatkan, kasus-kasus virus corona yang ditularkan oleh orang-orang yang belum pernah melakukan perjalanan ke China dapat menjadi puncak gunung es.

"Ada beberapa contoh tentang penyebaran selanjutnya (virus 2019-nCoV) dari orang-orang yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke China," tulisnya dalam unggahan di Twitter, Minggu.

Menurut Tedros, sejumlah kecil kasus yang terdeteksi dapat mengindikasikan penularan yang lebih luas di negara lain.

"Singkatnya, kita mungkin hanya melihat ujung gunung es," ujarnya.

Meski penyebaran virus di luar China nampak lambat, Tedros memperingatkan bahwa ini dapat menjadi meningkat dengan cepat.

"Semua negara harus menggunakan peluang yang diciptakan oleh strategi penahanan untuk mempersiapkan kemungkinan kedatangan virus," tuturnya. 

Baca juga: Singapura dan Jepang Mulai Dihindari Wisatawan karena Virus Corona

Tim WHO ke China

Tim pakar WHO telah diterbangkan ke China untuk membantu penyelidikan wabah yang menewaskan ratusan orang ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X