Otoritas Kesehatan Filipina Sebut Seorang Pasien Virus Corona Sembuh

Kompas.com - 09/02/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi virus Corona ShutterstockIlustrasi virus Corona

KOMPAS.com - Otoritas Kesehatan Filipina mengumumkan ada seorang perempuan berusia 38 tahun dinyatakan sembuh setelah sebelumnya terinfeksi virus corona.

Mengutip The Guardian, Minggu (9/2/2020), perempuan tersebut menjalani pemeriksaan terakhir pada Kamis (6/2/2020).

Menurut Departemen Kesehatan Filipina, diperlukan dua tes dengan hasil negatif berturut-turut sebelum pasien bebas dari pemeriksaan keseharan.

"Hal ini menunjukkan Novel Coronavirus tidak berakibat fatal dan pemulihan lebih mungkin daripada meninggal karena penyakit ini," ujar Direktur Universitas Biologi Molekuler Institut Filipina, dr. Edsel Salvana.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Filipina untuk tidak panik dan menyebarkan kabar palsu.

Salvana turut aktif di media sosial untuk memimpin upaya melawan hoaks tentang wabah virus corona.

Baca juga: Kasus Virus Corona Negatif di Indonesia, Berikut Peringatan WHO

Evakuasi warga

Selain itu, Pemerintah Filipina juga mengantisipasi kekhawatiran publik atas kembalinya 30 warga Filipina dari Provinsi Hubei, China.

Para warga Filipina itu tiba di negaranya dengan menumpang pesawat carter pada Minggu (2/2/2020) dan langsung dibawa ke tempat terpencil dekat Manila untuk mulai dikarantina selama 14 hari.

Sebelumnya, kasus pertama adanya virus corona di Filipina diumumkan saat seorang pria asal Kota Wuhan menularkan virus corona kepada warga Filipina.

Warga Filipina itu dilaporkan meninggal dan menjadi kasus kematian pertama dan satu-satunya dari virus corona yang meninggal di luar China dan Hong Kong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X