Cerita Pegawai RS di China Hemat Stok Baju Pelindung Virus Corona: Kurangi Minum agar Tak Buang Air

Kompas.com - 09/02/2020, 16:21 WIB
Petugas keamanan di rumah sakit Guangzhou yang tengah mengarahkan pasien CGTNPetugas keamanan di rumah sakit Guangzhou yang tengah mengarahkan pasien

KOMPAS.com - Petugas keamanan di sebuah rumah sakit terkenal di Guangzhou Selatan, China memutuskan untuk mengurangi minum agar dapat menekan frekuensi buang air ke kamar kecil.

Memang tidak ada hubungannya, antara sedikit minum dengan wabah virus corona yang sejauh ini sudah menewaskan lebih dari 800 orang di China itu.

Namun, upaya itu dilakukan Wang Xiangfan (22) untuk tujuan tertentu. Ia ingin menghemat pakaian pelindung yang ketersediaannya sangat terbatas di tengah wabah virus corona ini.

Setiap petugas di rumah sakit yang mengenakan pakaian tersebut diwajibkan menggantinya setiap kali buang air dan menggunakan kamar kecil.

Ini wajib dilakukan untuk meminimalisir terjadinya infeksi di tengah kondisi kerja yang sangat riskan terhadap virus.

"Saya mencoba untuk minum lebih sedikit air menghindari pergi ke kamar mandi. Para dokter dan perawat adalah orang yang paling membutuhkan pakaian ini. Saya tidak ingin membuang-buangnya," kata dia.

Baca juga: 813 Orang Meninggal dalam Dua Bulan, Jumlah Kematian akibat Virus Corona Lampaui SARS

Wang mengaku sudah diminta oleh orangtuanya untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai petugas keamanan di rumah sakit, karena sangat berisiko.

Namun ia tetap menekuni profesi sebagai petugas keamanan dan membantu warga selama masih mewabahnya virus corona.  

Upaya yang sama tidak hanya dilakukan oleh Wang, namun juga seorang petugas kebersihan, Chen Taomei (66) yang telah bekerja selama lebih dari 10 tahun di rumah sakit.

Dia juga memahami dilema para pekerja yang ada di wilayah rumah sakit di tengah wabah virus corona ini.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber CGTN News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X