Apakah Gempa Selalu Diikuti Gempa Susulan? Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 09/02/2020, 13:03 WIB
Tangkapan layar grafik perjalanan gelombang seismik saat terjadi gempa. Twitter: IRIS Earthquake SciTangkapan layar grafik perjalanan gelombang seismik saat terjadi gempa.

KOMPAS.com - Lembaga Penelitian Seismologi di Amerika Serikat (IRIS) mengungkapkan informasi terkait terjadinya gempa yang dirasakan oleh 4 stasiun seismik yang lokasinya berjauhan.

Adapun penjelasan mengenai 4 grafik gelombang disampaikan melalui akun Twitter IRIS, @IRIS_EPO, Kamis (6/2/2020).

"Same earthquake, different seismic stations; why do the seismograms look different? ( Gempa yang sama, stasiun seismik yang berbeda; mengapa seismogram terlihat berbeda?)," tulis IRIS dalam twitnya.

Dalam visual, terlihat gelombang P dan gelombang S yang datang ke 4 titik stasiun seismik, yakni A, B, C, dan D, dan menghasilkan grafik gelombang yang berbeda pada seismograf.

Setelah itu, muncul gelombang yang terjadi di permukaan bumi dan juga menampilkan grafik gelombang yang oleh BMKG disebut gempa susulan.

Twit itu juga dilengkapi dengan video yang menggambarkan alur gelombang yang dirasakan dari stasiun seismik satu dengan lainnya.

Apakah gempa yang terjadi selalu diikuti gempa susulan?

Baca juga: Melonguane, Sulut Diguncang Gempa 6,1 Magnitudo, BMKG: Dipicu Thrust Fault

Penjelasan BMKG

Kepala Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan, setelah terjadi gempa, ada gempa susulan.

"Iya (gempa susulan), jika getaran itu setelah di-locating di tempat yang sama, karena kan dalam waktu sama banyak terjadi di berbagai tempat," ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com pada Minggu (9/2/2020).

Sementara itu, gempa yang berawal dari titik pusat gempa dan merambat hingga terlacak oleh stasiun seismik memiliki kecepatan rambat yang berbeda.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X