Cara China Bangkit di Tengah Wabah Corona: Dari Video Kentut hingga Nyanyian Jackie Chan dkk

Kompas.com - 09/02/2020, 07:00 WIB
video jackie chan youtubevideo jackie chan

KOMPAS.com – Wabah virus corona masih terus mengalami peningkatan. Tercatat, jumlah kasus terkonfirmasi per Sabtu (08/02/2020) malam adalah sebanyak 34.992 dengan jumlah kematian sebanyak 725 orang.

Di tengah berita-berita tragis mengenai bagaimana virus itu menyebar di China, media yang dikelola pemerintah RRC, Global Times, mencoba menyelipkan postingan informasi dengan nada yang lebih santai dan menghibur kepada masyarakat.

Salah satunya adalah postingan tentang bagaimana sensor inframerah yang digunakan untuk mendeteksi suhu bisa melihat orang kentut.

Dalam sensor tersebut terlihat bagaimana kentut terlihat seperti gumpalan gas berwarna merah.

Video tersebut memperlihatkan beberapa cuplikan video seseorang yang tengah berjongkok mengurus barangnya tengah kentut, seorang anjing juga terlihat tertangkap kamera tengah buang angin.

Baca juga: Virus Corona Merebak, Rumah Sakit China Berikan Layanan Medis Online

Video itu juga menyertakan lagu bernada lucu, dan bunyi mirip kentut setiap gas berwarna merah terlihat keluar.

“Tak bisa kentut? Baiklah, cobalah untuk mengupayakannya dengan keras, karena pengukur suhu infra merah yang digunakan sebagai sensor telah dipasang di bandara dan stasiun kereta untuk memantau suhu penumpang di tengah wabah # coronavirus bisa mendeteksi apapun,” tulis narasi yang disertakan dalam video tersebut.

Dilansir dari The Guardian media pemerintah China belakangan telah mengeluarkan serangkaian pesan positif, termasuk sejumlah video klip tentang upaya negara itu dalam memerangi virus.

Dalam sebuah pernyataan tentang pertemuan komite pusat partai Komunis pada Hari Senin, Presiden China, Xi Jinping menyerukan tentang penyampaian informasi kepada publik.

Ia mengatakan para pejabat tak hanya harus mempublikasikan dan melaporkan pengambilan keputusan dan bagaimana upaya efektif pemerintah. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X