Cerita di Balik Penemuan Jimat Saat Tes SKD CPNS 2019 di Semarang

Kompas.com - 07/02/2020, 19:51 WIB
Dua buah benda yang diduga adalah jimat yang dibawa dua peserta berbeda saat tes SKD CPNS 2019 di Semarang. IstimewaDua buah benda yang diduga adalah jimat yang dibawa dua peserta berbeda saat tes SKD CPNS 2019 di Semarang.

KOMPAS.com - Seleksi CPNS 2019 di Kota Semarang membawa cerita tersendiri. Pasalnya dalam tes SKD yang digelar di Universitas Dian Nusantara (Udinus) Kota Semarang ditemukan sejumlah peserta yang kedapatan membawa benda yang disinyalir sebagai jimat.

Mereka kedapatan membawa jimat saat pelaksanaan tes SKD untuk Pemerintah Kabupaten Tegal.

Ketua Pelaksana dari Udinus untuk CAT CPNS 7 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah, Mohamad Sidiq mengatakan ada dua jimat yang ditemukan oleh petugas sewaktu pelaksanaan tes SKD CPNS 2019 untuk Pemerintah Kabupaten Tegal. 

"Benar ada yang membawa jimat saat pelaksanaan SKD," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/2/2020).

Ia mengungkapkan, kedua jimat tersebut berupa kertas yang bertuliskan arab gundul serta ketapel yang dibalut kain berwarna merah.

Lebih lanjut, kertas yang bertuliskan arab gundul tersebut ditemukan pada peserta tes pada Senin (3/2/2020) untuk sesi 1.

Jimat bertuliskan arab gundul tersebut, imbuhnya ditemukan pada saku celana salah satu peserta.

"Itu ditemukan pada saat pemeriksaan badan," katanya lagi.

Baca juga: Ganti Jadwal SKD, Apakah Bisa?

Dibalut kain merah

Lalu, jimat berikutnya yakni ketapel yang dibalut kain berwarna merah ditemukan dua hari setelahnya yakni Rabu (5/2/2020) pada peserta yang tes saat sesi 1.

Jimat berupa ketapel tersebut, kata dia, ditemukan juga saat pemeriksaan badan sebelum tes SKD dimulai.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X