Kompas.com - 07/02/2020, 13:10 WIB
Dokter Li Wenliang dari balik ranjang rumah sakit. Dia menjadi pembicaraan sekaligus dianggap pahlawan karena memperingatkan virus corona sebelum menjadi wabah. Namun, unggahannya dianggap meresahkan publik hingga dia ditangkap polisi. Weibo via BBCDokter Li Wenliang dari balik ranjang rumah sakit. Dia menjadi pembicaraan sekaligus dianggap pahlawan karena memperingatkan virus corona sebelum menjadi wabah. Namun, unggahannya dianggap meresahkan publik hingga dia ditangkap polisi.

KOMPAS.com - Li Wenliang, dokter pertama yang mencoba berbagi informasi tentang virus corona meninggal dunia.

Dia meninggal di usia 34 tahun.

Rumah Sakit Pusat Wuhan awalnya membantah laporan bahwa dia sudah meninggal, mereka mengatakan Li dalam "kondisi kritis", sebelum akhirnya memastikan dia telah meninggal.

Li meninggalkan istrinya, yang sedang hamil, dan anak pertama mereka.

RS Wuhan mengkonfirmasi kabar tersebut Jumat pagi pukul 02.58, beberapa jam setelah awalnya membantah laporan kematiannya.

Laporan tentang kematian Li di berbagai media termasuk Beijing News dan Global Times memicu ucapan berkabung dan tribut di berbagai media sosial di China.

"Dokter Li memberi tahu masyarakat masyarakat dengan mengorbankan nyawanya. Kantor polisi Wuhan masih belum mengingat pemberitahuan teguran itu, bahkan setelah kematiannya," tulis seorang pengguna Weibo, aplikasi media sosial di China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari South China Morning Post, pada 30 Desember 2019, Li memperingatkan teman-teman sekolah kedokterannya dalam grup obrolan online.

Dia memberitahukan bahwa penyakit mirip Sars telah melanda beberapa pasien di rumah sakit Wuhan dan mereka semua dikarantina di UGD.

Namun, Li, bersama dengan tujuh orang lain yang berbagi informasi tentang wabah, termasuk tiga dokter, dipanggil ke polisi setempat.

Baca juga: Dokter Li, yang Pertama Kali Peringatkan Wabah Virus Corona di China, Meninggal Dunia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.