Peserta SKD CPNS Ketahuan Bawa Kunci Jawaban, Ini Kata BKN

Kompas.com - 07/02/2020, 07:32 WIB
Panitia CPNS titik lokasi Ambon menemukan kunci jawaban yang dibawa peserta Dok. BKNPanitia CPNS titik lokasi Ambon menemukan kunci jawaban yang dibawa peserta

KOMPAS.com - Panitia seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menemukan selembar kertas yang diduga kunci jawaban yang dibawa peserta saat pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Selembar kertas tersebut yang dibagi menjadi 6 kotak, di mana masing-masing terdiri dari 35 nomor lengkap dengan jawabannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, peristiwa ini terjadi titik lokasi tes di Ambon pada Kamis (6/2/2020).

Ia menegaskan, tak akan ada bocoran kunci jawaban yang beredar karena soal yang akan diujikan dalam SKD CPNS diacak oleh sistem.

“Soal akan diacak sistem. Jadi tidak mungkin orang bisa membuat bocoran jawaban,” kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/2/2020) pagi.

Baca juga: Lokasi dan Jadwal SKD CPNS Kementerian PUPR di Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar

Banyaknya soal yang dibuat panitia dan pengacakan oleh sistem ini tidak memungkinkan soal yang diujikan akan terulang meskipun di beda daerah.

“Enggak mungkin sama, jumlah soal (bank soal) kan banyak,” ujar dia.

Paryono menjelaskan, jika peserta ketahuan membawa catatan sebelum masuk ruangan, maka petugas akan menyita dan memperbolehkan peserta masuk mengikuti ujian.

“Tetapi kalau ketahuan setelah di dalam (ruang), maka peserta dikeluarkan dan didiskualifikasi,” kata Paryono.

Ia mengimbau peserta untuk tidak percaya terhadap orang yang mengiming-imingi bocoran kunci jawaban.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X