10 Rumah Sakit yang Jadi Rujukan Pasien Virus Corona di Jateng

Kompas.com - 04/02/2020, 19:44 WIB
Simulasi penanganan pasien terinfeksi virus corona di RAUD Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (3/2/2020). KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINSimulasi penanganan pasien terinfeksi virus corona di RAUD Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (3/2/2020).

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Tengah menyiapkan 10 rumah sakit rujukan bagi pasien virus corona meskipun belum ada satu pun kasus infeksi di Indonesia. 

Sebagaimana diketahui, virus corona masih terus mewabah di sejumlah negara. Hingga Selasa (4/ 4/2020), tercatat 427 orang yang meninggal dunia akibat virus corona baru ini.

Jumlah tersebut terdiri atas 425 kematian di China, satu kematian di Beijing, dan satu kasus lainnya di Filipina.

Melansir South China Morning Post, ada 20.676 kasus terkait virus corona baru ini dengan jumlah sembuh sebanyak 664 pasien.

Sebagian besar negara telah mengevakuasi warganya dari Wuhan, yang disebut sebagai pusat wabah virus corona, ataupun membatasi hingga melarang perjalanan dari dan ke daratan China.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Indonesia. Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan telah dievakuasi pulang ke Indonesia dan masih menjalani masa karantina selama 14 hari.

Upaya-upaya persiapan penanganan jika suatu saat virus tersebut terdeteksi di Indonesia pun dilakukan.

Sebuah informasi yang tersebar di media sosial menyebutkan bahwa ada 10 rumah sakit yang telah disiapkan sebagai rujukan pasien virus corona di Jawa Tengah.

Berdasarkan poster di dalam unggahan tersebut, 10 rumah sakit ini sebelumnya juga menjadi rujukan penyakit flu burung dan akan diaktifkan kembali sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Adapun sepuluh rumah sakit tersebut terdiri atas:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X