Kompas.com - 03/02/2020, 18:35 WIB
Pasien suspect virus corona dimasukkan ke dalam kapsul plastik transparan yang juga disebut dengan kapsul negative room dari KM Kelud menuju ruang isolasi di Terminal Bandar Deli, Belawan Senin sore tadi (3/2/2020). Kantor Kesyahbandaran Belawan melakukan simulasi penanganan virus corona dengan stakeholder lainnya. DewantoroPasien suspect virus corona dimasukkan ke dalam kapsul plastik transparan yang juga disebut dengan kapsul negative room dari KM Kelud menuju ruang isolasi di Terminal Bandar Deli, Belawan Senin sore tadi (3/2/2020). Kantor Kesyahbandaran Belawan melakukan simulasi penanganan virus corona dengan stakeholder lainnya.


KOMPAS.com –
Telah terdapat sekitar 25 negara yang mengonfirmasi adanya temuan kasus virus corona.

Setidaknya sudah ada lebih dari 17 ribu laporan temuan kasus di seluruh dunia dengan jumlah lebih dari 16 ribu merupakan kasus yang terjadi di China.

Berikut ini beberapa negara yang memberlakukan pembatasan perjalanan hingga pelarangan turis China:

1. Hong Kong dan Makau

Hong Kong menyegel enam dari 14 penyeberangan perbatasan dengan daratan China sebagai upaya untuk mengurangi orang China yang tiba di kawasan tersebut.

Melansir dari SCMP negara ini juga melarang pengunjung dari Hubei, provinsi yang merupakan pusat virus, serta melarang mereka yang telah mengunjungi daerah itu untuk masuk ke wilayahnya.

Beijing juga telah berhenti mengeluarkan izin untuk penduduk setempat berpergian ke Hong Kong.

Adapun Makau telah melarang masuknya penduduk Wuhan dan Hubei tanpa ada pernyataan medis yang menyatakan mereka terbebas dari virus.

Semua pengunjung juga diminta untuk mengisi formulir pernyataan kesehatan.

Sebanyak lebih dari 100 penerbangan ke China dan Taiwan dari Makau telah dibatalkan.

2. Taiwan

Taiwan mengeluarkan larangan bagi penduduk Hubei serta mereka yang berasal dari Provinsi Guangdong Selatan masuk ke wilayahnya. 

Hal ini juga tak menutup kemungkinan kunjungan dari daerah lain di China juga dibatasi jika diperlukan.

Selain itu, Mandarin Airlines menangguhkan penerbangan dari Taiwan ke Wuhan hingga akhir Februari.

Baca juga: Dampak Corona ke RI Semakin Terbatas, Saatnya Kembali Masuk ke Pasar

3. Singapura

Singapura menutup akses bagi pengunjung yang berasal dari daratan China termasuk orang asing yang berada di sana selama 14 hari terakhir.

Visa bagi warga China untuk mengunjungi Singapura juga telah ditangguhkan, termasuk yang telah terlanjur dikeluarkan.

Singapura Airlines dan SilkAir juga mengatakan bahwa mereka akan mengurangi frekuensi layanan mereka ke daratan China pada bulan Februari.

4. Indonesia

Mulai 3 Februari 2020, Indonesia telah melarang penerbangan dari dan ke China.

Mereka yang baru saja mengunjungi China juga dilarang masuk maupun dilarang untuk melakukan transit.

Pemerintah juga telah menangguhkan layanan visa dan on-arrival gratis bagi warga negara China dan mengeluarkan imbauan bagi orang Indonesia untuk tidak pergi ke sana. Larangan penerbangan sementara hanya berlaku bagi maskapai asing yang terbang dari China ke Indonesia termasuk untuk transit.

5. Filipina

Filipina memperluas larangan bepergian yang sebelumnya hanya untuk mereka yang ke Provinsi Hubei, menjadi larangan bepergian ke seluruh China, termasuk Hong Kong dan Makau.

Filipina sendiri merupakan negara pertama yang melaporkan kasus kematian akibat virus corona di luar China.

Baca juga: Kenaikan Harga Bawang Putih di Pasar Induk Kramat Jati Diduga Efek dari Isu Virus Corona

6. Malaysia

Negara ini menangguhkan semua visa kedatangan bagi pelancong yang datang dari Provinsi Hubei termasuk Kota Wuhan.

Melansir dari Straittimes, larangan tersebut dikeluarkan setelah pemerintah menerima kecaman keras dari banyak pihak untuk melarang masuknya turis asal China.

Lebih dari 380.000 orang menandatangani petisi di change.org meminta pemerintah untuk menghentikan semua turis China masuk.

Mantan Perdana Menteri Najib Razak dan Putra Mahkota Johor juga mengecam Tun Dr Mahathir melalui postingannya di Facebook karena mengizinkan masuknya wisatawan China.

7. Thailand

Thailand mewajibkan semua turis China yang datang untuk memberikan sertifikat medis yang menyatakan bahwa mereka sehat dan bebas dari virus.

Langkah tersebut dikeluarkan setelah keputusan WHO menyebut wabah virus sebagai darurat kesehatan global menurut rilis tanggal 1 Februari 2020. 

8. Korea Selatan

Korea selatan mulai 4 Februari melarang orang asing yang telah mengunjungi atau tinggal di Hubei dalam waktu 14 hari terakhir.

Seoul juga akan menangguhkan bantuan tanpa visa bagi turis China ke Pulau Jeju.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.