Wabah Virus Corona, Ini Daftar Negara yang Larang Masuk Turis dari China

Kompas.com - 02/02/2020, 07:32 WIB
Penumpang dari luar negeri menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus Corona saat tiba di Bandara Internasional Haneda, 28 Januari 2020. AFP/KAZUHIRO NOGIPenumpang dari luar negeri menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus Corona saat tiba di Bandara Internasional Haneda, 28 Januari 2020.

KOMPAS.com – Sejumlah negara mengeluarkan larangan kunjungan bagi pelancong atau turis dari China.

Larangan ini dikeluarkan menyusul penyebaran wabah virus corona sejak Desember 2019.

Virus corona telah menyebar ke beberapa negara. Berdasarkan data terakhir, Sabtu (1/2/2020), ada 25 negara yang mengonfirmasi temuan virus tersebut.

WHO sendiri telah menyatakan status virus corona sebagai darurat inernasional. Akan tetapi, WHO tidak menyarankan negara untuk menutup akses perbatasan dengan negara China.

Meski demikian, sejumlah negara menerapkan pembatasan dan larangan kunjungan bagi turis dari China. 

Berikut daftar negara yang telah mengeluarkan larangan kunjungan bagi turis dari China:

1. Rusia

Rusia melakukan penutupan perbatasan negara tersebut dengan China untuk mencegah penyebaran virus corona.

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Rusia juga menghentikan penerbitan visa bagi warga China yang ingin ke Rusia.

Dilansir dari Nypost, Pemerintah Rusia juga melarang warganya untuk berkunjung ke China.

Baca juga: [HOAKS] 5 Pasien Terduga Virus Corona di RS Kariadi, 1 Meninggal

2. Singapura

Melansir dari SCMP, Singapura akan menutup akses bagi pengunjung yang berasal dari daratan China, termasuk orang asing yang berada di sana selama 14 hari terakhir.

Caixingglobal menuliskan, sebelumnya, beberapa hari lalu, pembatasan hanya dilakukan terhadap mereka yang memiliki catatan ke Provinsi Hubei, China tengah di mana .

Provinsi Hubei diketahui sebagai lokasi awal mewabahnya virus corona.

Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara dengan melakukan pelarangan kunjungan turis China sebagai langkah pencegahan penyebaran virus tersebut.

China sendiri merupakan salah satu mitra dagang terbesar Singapura. Sementara, Singapura merupakan lokasi favorit turis asal China.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X