Muncul Rasisme terhadap Etnis Tionghoa setelah Wabah Virus Corona

Kompas.com - 01/02/2020, 20:00 WIB
Salon kecantikan di Pulau Phu Quoc, Vietnam, memasang pengumuman tidak terima pelanggan China karena khawatir dengan virus corona. Reuters/Sophie CarstenSalon kecantikan di Pulau Phu Quoc, Vietnam, memasang pengumuman tidak terima pelanggan China karena khawatir dengan virus corona.

KOMPAS.com - Kecenderungan rasisme mulai terjadi di sejumlah negara pada etnis Tionghoa atau warga China setelah wabah infeksi virus corona merebak sebulan terakhir.

Kini, masyarakat China atau Asia diidentikkan dengan pembawa virus dan potensial untuk menularkannya pada bangsa lain.

Dikutip dari CGTN, seorang netizen asal China mengunggah sebuah foto yang menunjukkan ayahnya tengah berpose di depan mobil yang diberikan oleh si anak sebagai kejutan.

Di kolom komentar terdapat sebuah kalimat yang kurang pantas, intinya ia meminta mereka untuk tetap berada di China sampai persebaran virus benar-benar bisa diatasi.

Selain itu, banyak juga restoran Vietnam yang menuliskan pengumuman "Tidak menerima orang China" di depan tempat mereka berusaha.

Baca juga: Virus Corona, Inggris Tarik Staff Kedubes dari China dan Mulai Karantina 83 Warganya

Beralih ke media sosial, di Twitter Jepang tagar #ChineseDon'tComeToJapan sempat menjadi topik perbincangan paling banyak diunggah.

Yellow Allert

Sementara itu, di Kanada dilaporkan terjadi beberapa kasus perundungan terhadap anak-anak yang berdarah China di sekolah.

Di belahan dunia yang lain, di Perancis. Sebuah koran menampilkan wajah seorang perempuan China di halaman sampul dan membubuhkan "Yellow Allert" di sebelah foto tersebut.

"Yellow Alert" berarti peringatan untuk berhati-hati dan waspada.

University of California menyatakan rasa takut atau phobia yang disebut sebagai xenophobia sebagai reaksi yang normal mengingat krisis kesehatan yang masih terus berlangsung.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber CGTN News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X