Diragukan Atasi Penyebaran Virus Corona, Ini Jawaban Kemenkes

Kompas.com - 01/02/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi penanganan virus corona Shutterstock.comIlustrasi penanganan virus corona

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengumumkan darurat kesehatan global terkait merebaknya virus corona jenis baru atau Novel coronavirus (2019-nCov).

Berdasarkan update terkini, Pemerintah China mengumumkan jumlah korban yang meninggal akibat virus yang berasal dari Kota Wuhan ini sudah mencapai 259 orang per 1 Februari 2020.

Dalam satu bulan ini, virus corona telah menginfeksi setidaknya 11.000 kasus di dunia.

Masifnya penyebaran virus corona membuat Pemerintah Indonesia juga melakukan kesiapsiagaan jikalau ada kasus terinfeksi virus corona di Indonesia.

Meskipun di media sosial banyak yang meragukan kemampuan pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus corona, tidak demikian halnya dengan Kemenkes.

Baca juga: Perjuangan Dokter di Wuhan, Dipukuli hingga Pakai Popok Dewasa

Persiapan Kemenkes

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Vivi Setiawaty menjelaskan, Indonesia sejauh ini sudah mampu melakukan pemeriksaan coronavirus.

"Bisa. Indonesia sudah bisa melakukan pemeriksaan tersebut, jadi testing kit itu sudah ada. Sejak kasus ini merebak, sudah ada pedoman dari WHO untuk deteksi coronavirus," ujar Vivi kepada Kompas.com, Sabtu (1/2/2020).

Menurutnya, Indonesia sudah menyesuaikan dengan check list reagent-reagent yang dibutuhkan oleh WHO, dan WHO menerima itu.

Artinya, Indonesia memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mengatasi penyebaran virus corona.

Adapun untuk melakukan pemeriksaan, spesimen yang dibutuhkan sesuai pedoman WHO.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X