Perhatian, Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Jabodetabek pada 1 Februari

Kompas.com - 01/02/2020, 08:11 WIB
Kilatan cahaya yang menyilaukan disusul dengan suara guruh menggelegar di langit Jakarta, beberapa waktu lalu. Musim pancaroba ditandai dengan kondisi cuaca yang cepat berubah. Selain panas terik dan hujan es, selama musim pancaroba juga rentan terjadi angin kencang serta petir dan guntur. Keempat peristiwa itu biasanya terjadi secara berkesinambungan. KOMPAS/AGUS SUSANTOKilatan cahaya yang menyilaukan disusul dengan suara guruh menggelegar di langit Jakarta, beberapa waktu lalu. Musim pancaroba ditandai dengan kondisi cuaca yang cepat berubah. Selain panas terik dan hujan es, selama musim pancaroba juga rentan terjadi angin kencang serta petir dan guntur. Keempat peristiwa itu biasanya terjadi secara berkesinambungan.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) merilis prakiraan cuaca di wilayah Jabodetabek pada Sabtu (1/2/2020).

Adapun sejumlah wilayah masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang, seperti wilayah Provinsi Banten, Kota Tangerang Selatan, DKI Jakarta, dan sekitarnya.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kompas.com, berikut rincian prakiraan cuaca di wilayah Jabodetabek:

  • Banten

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kota Tangsel, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang bagian utara dan Kota Tangerang.

Diketahui, potensi tersebut dapat meluas ke wilayah Ciruas, Pamayaran, Jawilan, Kopo, Solear, Jambe, Legok, Pagedangan, Cisauk, Ciputat, Ciputat Timur, Setu, Pamulang, Citangkil, Cilegon, Maja, Curugbitung, dan sekitarnya.

Selain itu, BMKG mengumumkan suhu udara di Provinsi Banten berkisar antara 24-33 derajat Celcius, dengan kemebapan udara 55-95 persen, dan angin dari arah utara hingga barat laut dengan kecepatan 5-20 km per jam.

Baca juga: Ramai soal Peringatan Banjir Jakarta dari Kedubes AS, Ini Penjelasan BMKG

  • Kota Tangerang Selatan

Tak hanya di Banten, di Kota Tangerang Selatan juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kota Tangsel.

Diperkirakan, seharian ini di wilayah Tangsel akan berawan dan hujan di pagi, malam, dan dini hari.

BMKG merilis, suhu udara di Kota Tangsel berkisar antara 24-31 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 55-95 persen, dan angin dari arah barat-barat laut dengan kecepatan 5-15 km per jam.

  • DKI Jakarta

Sementara itu, wilayah DKI Jakarta juga berpotensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakut, Jakbar, Jaksel dan Jakpus pada pagi dan dini hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X