Kisi-kisi Lengkap Soal SKD CPNS 2019, Apa Saja Isinya?

Kompas.com - 30/01/2020, 18:46 WIB
Kisi-kisi SKD CPNS 2019 Twitter/@kempanrbKisi-kisi SKD CPNS 2019

KOMPAS.com - Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah berlangsung mulai 27 Januari 2020 lalu.

Meskipun belum seluruh instansi melaksanakan ujian, sejauh ini pelaksanaan SKD CPNS berjalan lancar.

"Selama pelaksanaan dari tanggal 27 Januari 2020 ini alhamdulillah lancar, tidak ada laporan terjadi kendala," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Menurut Paryono, server dan fasilitas yang digunakan dalam tes SKD juga tidak ada masalah.

Pantauan Kompas.com, hingga Kamis (30/1/2020) siang, masih ada instansi yang mengumumkan jadwal beserta lokasi yang akan digunakan untuk pelaksanaan SKD.

Terkait ini, Paryono mengimbau instansi agar segera merilis jadwal dan lokasi tes kepada pendaftar.

"Itu jadi kewenangan instansi. Kami hanya bisa mendorong instansi untuk segera mengumumkan," ujar dia.

Kisi-kisi SKD

SKD CPNS tahun ini akan mengujikan tiga tes, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensi Umum (TIU).

Lebih lanjut, garis besar materi yang akan diujikan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 24 Tahun 2019.

"Isi dari TIU, TKP, dan TWK ada di Permenpan Nomor 24 Tahun 2019," papar Paryono.

Baca juga: Simak, Ini Barang-Barang yang Dilarang selama Pelaksanaan SKD CPNS 2019

Apa saja yang akan diujikan?

Melalui akun resmi Twitter-nya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengunggah sebuah informasi berisi kisi-kisi SKD CPNS 2019.

Dalam informasi yang tertera, sebanyak 100 soal pilihan ganda akan diujikan selama 90 menit menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X