Mengenal Kapsul Transport yang Disiapkan Pemerintah untuk Antisipasi Virus Corona

Kompas.com - 30/01/2020, 17:31 WIB
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menyediakan setidaknya 21 kapsul transport untuk antisipasi penyebaran virus corona. Dokumentasi Kementerian Kesehatan RIKantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menyediakan setidaknya 21 kapsul transport untuk antisipasi penyebaran virus corona.

KOMPAS.com - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) RI di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) telah menyiapkan 21 kapsul transport untuk antisipasi penyebaran virus corona.

Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni menjelaskan kapsul transport tersebut berfungsi untuk mentrasfer pasien agar lebih aman.

"Istilahnya individual patient transfer," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Busroni menjelaskan penempatan lokasi kapsul transport itu berada di pintu-pintu masuk Indonesia terutama yang punya kecenderungan tinggi untuk masuknya pendatang-pendatang dari China.

Baca juga: Virus Corona Diprediksi Segera Mereda pada Awal Februari, Benarkah?

Lantas apa itu kapsul transport?

Kapsul transport menurut Busroni biasa dipergunakan untuk membawa pasien ke rumah sakit-rumah sakit untuk selanjutnya diisolasi.

Kapsul tersebut dilengkapi dengan sistem sirkulasi udara yang memiliki filter HEPA (High Efficiency Particulate Air, UV, dan tekanan negatif portabel.

Kapsul transport terdiri atas:

  • capsule
  • Hazardous Material Air Filtration (HMAF) portable
  • stretcher
  • fogger portable
  • bahan pendekontaminasi.

Dapat meminimalisir kontak

Dengan adanya peralatan evakuasi tersebut, diharapkan bisa meminimalisir kontak pasien dengan orang dan lingkungan sekitar.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X