Kompas.com - 29/01/2020, 15:40 WIB
Tim medis memeriksa seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan pada 26 Januari 2020. EPA-EFE/STRTim medis memeriksa seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan pada 26 Januari 2020.

KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat telah meminta izin kepada Pemerintah China untuk mengirimkan tim ahli guna menangani wabah virus corona

Seperti diketahui, saat ini virus corona tengah menjangkiti di sejumlah wilayah negara itu.

Tim ahli itu datang dari Centres for Disease Control and Prevention (CDC) AS. Tim itu diproyeksikan dapat bekerja sama dengan tenaga kesehatan lokal dalam menangani virus yang sejauh ini sudah memakan lebih dari 132 korban jiwa.

AS juga meminta agar China menampilkan data lengkap soal banyaknya kasus yang terkonfirmasi, karena medis di seluruh dunia berjuang untuk menahan persebaran virus terus meluas.

Sekretaris Health and Human Services, Alez Azar mengatakan, pihaknya menunggu respons dari Pemerintah China atas permintaan izin untuk mendatangkan tim ahli dari AS untuk bekerja, baik dengan sistem bilateral maupun di bawah kewenangan WHO.

"Penawaran itu, kami harap Pemerintah China akan mengizinkan kami. Para ahli CDC siap, bersedia, dan dapat langsung pergi ke Cina, baik untuk kerja bilateral atau di bawah naungan Organisasi Kesehatan Dunia," kata Azar, Selasa (28/1/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Update! 132 Orang Meninggal, 17 Negara Ini Konfirmasi Terinfeksi Virus Corona

Bagi CDC, jika mereka diizinkan untuk ikut bergabung secara langsung di China, banyak hal yang akan didapatkan.

Salah satunya mempercepat penemuan vaksin dan cara perawatan yang tepat untuk menangani virus baru ini.

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS, Anthony Fauci menyebut tidak ada terapi yang hingga saat ini terbukti tepat untuk menangani infeksi virus corona.

Fauci yakin, dengan menemukan lebih banyak isolat akan membantu pengembangan antibodi monoklonal yang bisa jadi menjadi obat yang cocok untuk menangani virus corona.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.