Hari ini dalam Sejarah: Pesawat MH370 Dinyatakan Alami Kecelakaan, 239 Penumpang Tewas

Kompas.com - 29/01/2020, 08:04 WIB
Foto awak kabin pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang, ditampilkan saat doa bersama di sebuah sekolah di Petaling Jaya, Malaysia, 8 Maret 2016. AFP PHOTO / MOHD RASFANFoto awak kabin pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang, ditampilkan saat doa bersama di sebuah sekolah di Petaling Jaya, Malaysia, 8 Maret 2016.

KOMPAS.com - Hari ini, 5 tahun yang lalu, tepatnya pada 29 Januari 2015, Pemerintah Malaysia mengeluarkan pernyataan resmi pesawat Malaysia Airlines MH370 mengalami kecelakaan.

Pernyataan tersebut sudah ditunggu-tunggu keluarga korban dan masyarakat luas, setelah tidak adanya kepastian hampir 11 bulan.

Diberitakan Harian Kompas (30/01/2015), pesawat Malaysia Airlines MH370 dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014.

Namun pemerintah Malaysia baru memberikan kejelasan status pesawat pada 29 Januari 2015.

Dalam pengumuman tersebut sebanyak 239 penumpang pesawat, termasuk awak kapal dinyatakan meninggal.

Sebagian besar, yaitu dua pertiga penumpang MH370 adalah warga negara China.

Direktur Jenderal Departemen Penerbangan Civil Aviation Malaysia Azharuddin Abdul Rahman mengakui pernyataan kecelakaan itu sulit diterima kerabat korban.

Namun, menurutnya, kepastian lewat pengumuman resmi pemerintah itu penting bagi mereka untuk kembali hidup normal.

Dengan status pesawat mengalami kecelakaan dan seluruh korban dinyatakan tewas, pihak perusahaan maskapai bisa mulai menghitung besar ganti rugi.

Seperti diketahui sebelumnya, pesawat MH370 hilang tanpa jejak dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X