Virus Corona Menyebar, Bagaimana Kabar Mahasiswa Indonesia di Wuhan?

Kompas.com - 28/01/2020, 21:38 WIB
Petugas keamanan bandara berjaga saat wisatawan asal China baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (28/1/2020). Saat ini ada sekitar 40.000 penumpang keberangkatan dan kedatangan internasional yang hilir mudik ke Bandara Soekarno-Hatta. Data terakhir mencatat wabah Corona sudah menjangkiti 4.500 orang dan menewaskan 106 orang di China. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas keamanan bandara berjaga saat wisatawan asal China baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (28/1/2020). Saat ini ada sekitar 40.000 penumpang keberangkatan dan kedatangan internasional yang hilir mudik ke Bandara Soekarno-Hatta. Data terakhir mencatat wabah Corona sudah menjangkiti 4.500 orang dan menewaskan 106 orang di China.

KOMPAS.com – Virus corona saat ini tengah menjadi perhatian publik.

Virus dengan karakteristik mirip dengan MERS dan SARS ini sampai dengan hari ini Selasa (28/01/2020) telah mengakibatkan kematian sebanyak 107 orang.

Kota Wuhan, China disebut sebagai lokasi di mana virus tersebut berasal.

Melalui pernyataan tertulis yang diterima Kompas.com Selasa (28/01/2020) Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Wuhan mengatakan saat ini data yang dihimpun oleh PPIT Wuhan adalah sebanyak 244 warga negara Indonesia yang berada di provinsi Hubei, China.

Data tersebut dihitung per Hari Senin (27 Januari 2020).

Adapun seluruh WNI dan mahasiswa yang ada di Wuhan tersebut tersebar di Wuhan, Xianning, Huangshi, Jingzhou, Xianyang dan Enshi.

“PPIT Wuhan dan KBRI Beijing terus berupaya untuk memenuhi persedian logistik bagi rekan-rekan WNI yang berada di Wuhan dan sekitarnya. Langkah nyata dan tercepat dari KBRI saat ini adalah mengirimkan pendanaan melalui WechatPay ke akun ketua ranting masing-masing,” ujar Nur Musyafak selaku Ketua PPIT Wuhan dalam tulisan tersebut.

Ia juga mengatakan, seluruh WNI dan mahasiswa tersebut, saat ini dalam kondisi sehat dan tidak ada yang terjangkit virus corona serta dalam pantauan kampus beserta ketua ranting masing-masing.

Baca juga: Rekap Perkembangan Virus Corona Wuhan dari Waktu ke Waktu

Jalin komunikasi dengan KBRI

Musyafak juga menyebut PPIT Wuhan dan seluruh perwakilan ranting di provinsi Hubei selalu berkoordinasi secara aktif dengan KBRI Beijing, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Direktorat Perlindungan WNI dan BHI.

Koordinasi dilakukan melalui grup percakapan untuk memudahkan komunikasi dan konsultasi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X