Percaya China Bisa Atasi Virus Corona, WHO: Tak Perlu Evakuasi Warga Asing dari Wuhan

Kompas.com - 28/01/2020, 16:47 WIB
Tim medis memeriksa seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan pada 26 Januari 2020. EPA-EFE/STRTim medis memeriksa seorang pasien yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Jinyintan Wuhan pada 26 Januari 2020.

KOMPAS.com - Sekjen World Health Organization ( WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyarankan agar warga negara asing tak perlu ditarik dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Kota Wuhan merupakan pusat penyebaran virus corona yang pertama kali terdeteksi pada 31 Desember 2019.

Pernyataan tersebut keluar setelah Tedros mengadakan pertemuan dengan para pejabat China, Selasa (28/1/2020).

Dikutip dari SCMP (28/1/2020), Tedros mengatakan bahwa WHO memiliki kepercayaan penuh pada langkah-langkah pencegahan yang telah dilakukan China untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Baca juga: 5 Jawaban Soal Virus Corona, dari Adakah Obatnya hingga Efektifkah Pemeriksaan di Bandara?

Dengan bertambahnya 1.771 kasus baru yang dikonfirmasi pada Selasa, WHO menyadari adanya rencana beberapa negara untuk mengevakuasi warganya dari Wuhan.

Kendati demikian, WHO menyarankan untuk tidak melakukannya.

Tedros juga meminta masyarakat tidak perlu bereaksi secara berlebihan dan harus tetap tenang.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi menuturkan, China akan terus bekerja sama dengan WHO dan internasional secara transparan.

"Dengan kepemimpinan yang kuat dari Presiden Xi Jinping serta pengalaman dalam menangani SARS, kami menangani epidemi ini dengan tindakan lebih kuat dan lebih cepat," kata Wang.

"Kami benar-benar yakin bahwa kami memiliki kemampuan dan sumber daya untuk mengalahkan epidemi ini," sambungnya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X