Hati-hati, Kemampuan Virus Corona untuk Menyebar Disebutkan Semakin Kuat

Kompas.com - 26/01/2020, 20:51 WIB
Seorang staf medis merawat seorang pasien dengan pneumonia yang disebabkan oleh virus corona baru di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan, di Wuhan, provinsi Hubei, China, Rabu (22/1/2020). Foto diambil tanggal 22 Januari 2020. ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS/foc/cfoSeorang staf medis merawat seorang pasien dengan pneumonia yang disebabkan oleh virus corona baru di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan, di Wuhan, provinsi Hubei, China, Rabu (22/1/2020). Foto diambil tanggal 22 Januari 2020.

KOMPAS.com - Wabah virus Corona terus menyebar luas. Bahkan hingga Minggu (26/01/2020) sore, setidaknya virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, China tersebut telah menyebabkan 56 orang meninggal dunia.

Dilansir dari Guardian (26/01/2020), Kantor Informasi Dewan Negara China mengkonfirmasi bahwa ada 2.057 kasus coronavirus secara global.

Menteri Komisi Kesehatan Nasional China, Ma Xiaowei mengatakan bahwa ada kemungkinan patogen penyebab virus tersebut berasal dari hewan liar.

Baca juga: [REAL TIME - LIVE] - Pantau Sebaran Virus Corona di Sini

Sebanyak 1.600 profesional medis dikirim ke Wuhan untuk membantu menangani meningkatnya jumlah kasus.

Menteri Komisi Kesehatan Ma mengakui bahwa kemampuan virus untuk menyebar tampaknya semakin kuat dan mereka belum jelas tentang risiko bermutasi.

Masa inkubasi virus tersebut antara 1 hingga 14 hari. Kemungkinan jumlah kasusnya akan terus meningkat.

Coronavirus baru, imbuhnya juga menular selama inkubasi yang berbeda dari SARS.

Sementara itu, dilansir Kompas.com (26/01/2020), MERS-SoV dilaporkan memiliki tingkat kematian lebih tinggi daripada SARS-CoV yakni 37 persen.

Baca juga: Menyoal Virus Corona, Disebut Berasal dari Hewan hingga Menular Lewat Mata

Penyebaran Virus Corona

Dilasir dari Reuters, kasus penularan awal terjadi pada 8 Desember 2019.

Pada 31 Desember investigasi dimulai. Sebanyak 27 kasus pneumonia yang tidak diketahui asal mulanya terjadi.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X